Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah

Family Involvement in Organizing Early Childhood Education in Pahandut District, Palangka Raya City, Central Kalimantan

Authors

  • Yuliani Khalfiah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v19i2.1263

Keywords:

keluarga, anak, pendidikan

Abstract

Artikel ini adalah hasil dari penelitian yang didorong oleh kesadaran pentingnya  keterlibatan keluarga dalam pendidikan anak,  sehingga terbit  Peraturan Mendikbud RI No.30 Tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga pada Penyelengggaraan pendidikan. Kemudian secara operasionalnya dijabarkan dalam Peraturan Direktur Jenderal (Perderjen) Pendidikan  Anak Usia Dini dan Pendidikan masyarakat (PAUD dan Dikmas) Nomor 127 Tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi tentang kegiatan Pelibatan keluarga pada penyelenggaraan pendidikan  di TK  Islam Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah yang ditetapkan sebagai sasaran pembinaan dan pendampingan program pendidikan keluarga.  Pendekatan yang dilakukan  menggunakan pendekatan kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan program pelibatan keluarga pada penyelenggaraan pendidikan di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini  sudah terlaksana dengan berbagai variasi,  kegiatan  pelibatan keluarga pada penyelenggaraan pendidikan pada PAUD yaitu kegiatan meliputi  3 (tiga) kelompok kegiatan pelibatan keluarga pada penyelenggaraan pendidikan di satuan Pendidikan Anak Usia Dini, sesuai pasal 5  Permendikbud No. 30 tahun 2017, tujuan yang telah tercapai sebagai hasil pelaksanaan program ini adalah: Meningkatkan  pengetahuan,  sikap, dan keterampilan orangtua /keluarga dalam melaksanakan  proses optimalisasi  seluruh  aspek  pertumbuhan  dan  perkembangan anak usia dini; meningkatkan kepedulian dan tanggungjawab bersama  serta terbangun sinergisitas dan komunikasi antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat; mendorong penguatan pendidikan karakter anak; pelaksanaan kegiatan pelibatan orang tua bersinergi dengan kesadaran orang tua, kerjasama dengan internal dan eksternal lembaga,  penjadwalan yang baik, tersedianya fasilitas yang memadai serta tenaga pendidik dan kependidikan yang cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yuliani Khalfiah, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

References

Abdullah Nashih Ulwan, Pendidikan Anak Dalam Islam, Solo: Insan Kamil, 2012
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992
Arikunto S., Safrudin C,Evaluasi Program Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta : Bumi Aksara, 2009
Daniel L. Stufflebeam, George F. Madaus, Thomas Kellaghan; Evaluation Models, New York: Kluwer Academic Publisher, 2002
Depag RI., Al-Quran dan Terjemahannya, Jakarta : CV. Indah Press, 1994
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Cet.3, Edisi III, 2005
Fadhl Ilahi, Mendakwahi Anak (Dasar dan Tahapannya), Darus Sunnah, Jakarta, Cet.2, 2006.
H. Uyu Wahyudin, Mumbiar Agustin, Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini, PT.Refika Aditama, Bandung, Cet. 2, 2012
H.E.Mulyasa, Prof. Dr., Manajemen PAUD, Cet.2, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2012
Ibnu Hajar Al-Asqalani, Fathul Bari(Terjemah), Pustaka Azzam, Jilid 1,3.Cet.5, Jakarta, 2009
Idris, Z. & Jamal, L., Pengantar Pendidikan. Jakarta: Grasindo,1992.
Idris, Z., Dasar-Dasar Kependidikan, Padang: Angkasa Rayon, 1981.
Jody L. Fitzpatrick, Program Evaluation, United States: Pearson Education, 2004
Lexy Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif,Cet. 10, Bandung, Remaja Rusdakarya, 1999
M. Arifin, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 2004
Mohammad Takdir Ilahi, Quantum Parenting; Kiat Sukses Mengasuh Ank Secara Efektif dan Cerdas, Cet. 1, Katahati, Jogjakarta,2013
Muhammad Fadillah, Desain Pembelajaran PAUD; Tinjuan Teoritik dan Praktik, Ar-Ruzz Media, Jogjakarta, Cet 1, 2012
Muhammad Fauzil Adhim, Positive Parenting; cara-cara islami mengembangkan karakter positif pada anak, Bandung: Mizzan Pustaka, 2008.
Mukhtar Latif, Zukhairina,Rita, Zubaidah, Muhammad Afandi,Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi, Cet.2, Jakarta, Kencana, 2014
Mursyid, Pengembangan Pembelajaran PAUD, Cet.2, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2016
Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003
Sururin, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004
Suyadi, dkk., Konsep Dasar PAUD, PT. Remaja Rosdakarya, Cet.4, Bandung, 2015
Ummi Shofi, Agar Cahaya Mata Makin Bersinar: Kiat-Kiat Mendidik Ala Rasulullah, Surakarta: Afra Publising, 2007
Undang-undang Republik Indonesia No. 23, Tahun 2002, Perlindungan Anak, Pasal 26 Ayat ( 1 ).
Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 7, ayat (3).
W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 1999
Wirawan, Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi, Depok: PT. Raja Grafindo Persada, 2012
Zakiah Daradjat, dkk., Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2000
Fasina, F. Fagbeminiyi, “The Role of Parents in Early Childhood Education: A Case Study of Ikeja, Lagos State, Nigeria, Global Journal of Human Social Science, Vol. 2 issue 2 Version March 2011, 1-11.

Downloads

Published

2020-07-03

How to Cite

Khalfiah, Y. (2020). Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah: Family Involvement in Organizing Early Childhood Education in Pahandut District, Palangka Raya City, Central Kalimantan. Anterior Jurnal, 19(2), 84–93. https://doi.org/10.33084/anterior.v19i2.1263