Menciptakan Semangat Bela Negara Dalam Lingkungan Perguruan Tinggi

  • Supardi Supardi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Bela Negara

Abstract

Kaum Muda Indonesia adalah masa depan Bangsa ini maka, setiap pemuda Indonesia, baik yang masih berstatus pelajar, mahasiswa ataupun yang sudah menyelesaikan pendidikannya merupakan faktor-faktor penting yang sangat diandalkan oleh Bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan juga mempertahankan kedaulatan Bangsa. Perubahan-perubahan kebijakan pemerintah selalu diwarnai oleh ide-ide ataupun gagasan-gagasan yang datangnya dari para pemuda (mahasiswa). Perwujudan usaha bela negara dalam konteks perjuangan bangsa merupakan kesiapan dan kerelaan setiap warganegara untuk berkorban demi mempertahankan kemerdekaan, kedaulatan negara, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, keutuhan wilayah nusantara dan yuridiksi nasional, serta nilai-nilai Pacasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Kiprah pemuda (mahasiswa) dalam melakukan perubahan-perubahan di Negara Indonesia sebagai wujud sikap bela negara. Semangat juang dan patah semangat yang dimiliki kaum muda (mahasiswa) hendaknya dimanfaatkan sebagai dasar pergerakan pemuda. Pemuda (Mahasiswa) kala ini hendaknya ikut serta dalam usaha pembelaan negara yang dilakukan dengan cara mengisi kemerdekaan dengan manampilkan sikap-sikap positif yang sesuai dengan ideologi bangsa dan konstitusi yang berlaku di Indonesia. Semangat bela negara dapat tercermin dari adanya kesadaran pemuda (mahasiswa) akan aturan-aturan yang harus dipatuhi dan dilaksanakan, serta adanya kemelekan politik dari para pemuda (mahasiswa) yang akhirnya dapat memposisikan diri dalam menempuh pendidikan dengan penuh kesadaran dan semangat menuntut ilmu yang tinggi maupun kancah politik nasional untuk perubahan Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Supardi Supardi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Faruq, Umar. Pemuda dan Kesadaran Bela Negara. tersedia dalam http: //umar.blogspot. com/ 2012. Hadi Wiyono, Isworo. 2007. Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, untuk SMP/ MTs Kelas IX. Jakarta : Penerbit Ganeca.
Harist Muzani, Teuku. Revolusi Peran Pemuda Pasca Konflik. tersedia dalam http: //keacehan. blogspot.com/2011/01/ revolusi-peran-pemuda-pasca-konflik.html.
http:// www. setneg. go.id /index.php?option =com_content&task =view&id=747&Itemid=135.
Kaelan & Zubaidi, Achmad. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Paradigma: Yogyakarta.
Noor, Ady Ferdian dan Supardi, 2016. Integrasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan dalam Pembelajaran PKn. Yogyakarta: Grafika Indah.
Undang-Undang Dasar 1945. Citra Umbara: Jakarta.
Published
2020-06-30
How to Cite
Supardi, S. (2020). Menciptakan Semangat Bela Negara Dalam Lingkungan Perguruan Tinggi. Anterior Jurnal, 19(2), 50-54. https://doi.org/10.33084/anterior.v19i2.1506

Most read articles by the same author(s)