Kompetensi Guru Biologi dalam Mengembangkan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thingking Skill di MAN se Kalimantan Tengah

  • Gito Supriadi IAIN Palangka Raya
Keywords: Penilaian HOTS, Kompetensi guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pengetahuan guru Biologi Madrasah Aliyah Negeri tentang instrumen penilaian HOTS. (2) Mengklasifikasikan dimensi berpikir instrument penilaian buatan guru Biologi berdasarkan level kognitif. (3) Mengetahui kompetensi guru Biologi Madrasah Aliyah Negeri dalam mengembangan instrument penilaian HOTS.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Objek penelitian adalah kompetensi guru biologi dalam mengembangkan instrumen  penilaian berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS). Analisis data menggunakan statistik deskriptif dalam bentuk persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Sebagian besar guru biologi Madrasah Aliyah Negeri di Kalimantan Tengah sudah mengetahui tentang penyusunan instrumen penilaian berbasis HOTS, akan tetapi dalam pelaksanaannya guru masih mengalami kesulitan dalam menyusun soal-soal atau instrumen penilaian yang berbasis HOTS. Hal ini disebabkan guru biologi yang ada di MAN masih banyak yang belum pernah mengikuti pelatihan dalam penyusunan soal-soal yang berbasis HOTS, (2) Klasifikasi instrumen penilaian yang dikembangkan mencakup tingkatan soal C1 sebesar 22,51%, tingkatan soal C2 sebesar 19,82%, tingkatan soal C3 sebesar 16,57%, tingkatan soal C4 sebesar 16,15%, tingkatan soal C5 sebesar 13,41% dan tingkatan soal C6 sebesar 11,54%. (3) Kemampuan guru biologi dalam mengembangkan instrumen penilaian berbasis HOTS dapat dikategorikan kurang baik dengan rata-rata persentase sebesar 41,10%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Gito Supriadi, IAIN Palangka Raya

References

DAFTAR PUSTAKA
Abdul Majid dan Aep S. Firdaus, 2014, Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar, Bandung: Interes Media.
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018, Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thingking Skills Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2017, Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah menengah Atas, Jakarta.
Djemari Mardapi, 2017, Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Parama Publishing.
Edi Istiyono, Djemari Mardapi, Suparno, 2014. Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (PhysTHOTS) Peserta Didik SMA, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Tahun 18, Nomor 1, 2014.
Endah Putri Novi Arti. 2015. Kemampuan Guru Mata Pelajaran Biologi dalam Pembuatan Soal Higher Order Thingking Skill, di SMA Negeri 1 Wonosari Klaten,
Helmawati, 2019, Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS, Bandung: Remajarosdakarya.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standat Nasional Pendidikan.
Sugiyono, 2013, Statistik Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.
Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Published
2021-08-04
How to Cite
Supriadi, G. (2021). Kompetensi Guru Biologi dalam Mengembangkan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thingking Skill di MAN se Kalimantan Tengah. Anterior Jurnal, 20(3), 80-86. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i3.2222