Peningkatan Kinerja Guru Dalam Mendesain Pembelajaran Melalui Program Pembinaan Kepala Sekolah di SDN 1 Natai Raya Tahun 2019

  • Nur Sa’diah SDN 1 Natai Raya
Keywords: Kinerja Guru Dalam Mendesain Pembelajaran, Program Pembinaan Kepala Sekolah

Abstract

Realita yang terjadi di lapangan yakni di SDN 1 Natai Raya adalah kinerja guru dalam mendesain pembelajaran masih rendah, hal ini di tunjukkan dengan kenyataan di lapangan bahwa guru belum mampu dalam menentukan tujuan pengajaran, menganalisis materi pelajaran, menyusun program semester dan program tahunan, dan memilih media dan alat pengajaran. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui 1. kinerja guru dalam mendesain pembelajaran di SDN 1 Natai Raya sebelum dan sesudah kepala sekolah melaksanakan program pembinaan kepala sekolah. 2. Program pembinaan kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru dalam mendesain pembelajaran di SDN 1 Natai Raya Oleh karenanya kepala sekolah yang disini sekaligus sebagai peneliti hendak meningkatkan program pembinaan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru dalam mendesain pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Natai Raya dengan subjek penelitian adalah guru yang ada di sekolah tersebut. Jumlah guru yang menjadi subyek penelitian adalah adalah 10 orang. Pengambilan data dilakukan pada bulan Agustus 2019 sampai dengan November 2019.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode Metode Interview (wawancara), Metode Observasi dan dokumentasi Hasil penelitian siklus I di peroleh Skor Rata-rata 3,3 artinya kinerja guru dalam mendesain pembelajaran dalam pembelajaran cukup. Berdasarkan keterangan di atas, ditemukan ada implementasi program pembinaan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dalam mendesain pembelajaran di SDN 1 Natai Raya selalu mengalami perkembangan Pada siklus II di peroleh Skor Rata-rata 6,2 artinya kinerja guru dalam mendesain pembelajaran dalam pembelajaran sudah baik.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nur Sa’diah, SDN 1 Natai Raya

SDN 1 Natai Raya

References

Depdiknas. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
Ismail. (2003). Media Pembelajaran (Model-model Pembelajaran), Modul Diklat Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Direktorat PLP.
Rahmadi Widdiharto. (2006). Model-model Pembelajaran Matematika. Makalah diklat guru pengembang matematika SMP. Yogyakarta: PPPG Matematika.
Banun, Muslim Sri, Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionaisme Guru, Cet II, Bandung: alfabeta, 2010.
Daryanto dan Muhammad Farid.Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Di Sekolah Dasar.cet. I; Yogyakarta: penerbit Gava Media, 2013.
Daryanto dan Tutik Rachmawati.Supervisi Pembelajaran Inspeksi Meliputu: Controlling, Correcting, Judging, Directing Demonstrasion. cet. I; Yogyakarta: Penerbit Gaya Media, 2015.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Pedoman Supervisi dan pembinaan Profesional Guru Sekolah Dasar. Jakarta : 2009.
Depdikbud, Efektivitas Petunjuk Pelaksanaan Supervisi Pendidikan di Sekolah Jakarta : Dikdasmen, 2012.
Engkoswara, Paradigma Manajemen Pendidikan. Menyongsong Otonomi Daerah. Bandung. Yayasan Amal Keluarga, 2012.
Fattah, Nanang Landasan Manajemen Pendidikan. Cet. V ; Bandung : Remaja Rosdakarya, 2000.
Published
2021-08-03
How to Cite
Sa’diah, N. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Mendesain Pembelajaran Melalui Program Pembinaan Kepala Sekolah di SDN 1 Natai Raya Tahun 2019. Anterior Jurnal, 20(3), 10-21. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i3.2652