Kualitas Pelayanan Khusus Perempuan dan Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum Di Subdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Kalteng Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020

  • Milka Milka Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
  • Maya Maya Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Mita Sari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Kualitas Pelayanan, Perempuan, Anak yang Berhadapan Dengan Hukum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan perempuan dan anak yang berhadapan dengan hukum di Subdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Kalteng. Peneliti menggunakan desain penelitian deskritif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kualitas pelayanan. Informan penelitian ini pelapor, korban dan petugas di Subdit IV/Renakta Ditreskrimum Polda Kalteng. Penelitian ini dilakukan di Subdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Kalteng dengan tehnik pengumpulan data melalui wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian kualitas pelayanan di ruang pelayanan khusus perempuan dan anak yang berhadapan dengan hukum di  Subdit IV Renakta Ditrekrimum Polda Kalteng belum optimal dari segi inovasi keterbukaan informasi eksternal seperti instagram maupun facebook dan jangka waktu penyelesaian perkara yang cukup lama. Adapun faktor penghambat dari kualitas pelayanan ruang pelayanan khusus perempuan dan anak yang berhadapan dengan hukum di Subdit IV Renakta Ditrekrimum Polda Kalteng adalah: 1) keterbukaan informasi eksternal, 2) jangka waktu penyelesaian perkara.

Saran penelitian, perlunya Subdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Kalteng melakukan inovasi terkait dengan keterbukaan informasi publik dalam pembuatan laporan dan akses perkembangan perkara untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi terkait laporan yang telah dibuat dan penyampaian kepada masyarakat terkait jangka waktu penyelesain perkara hingga selesai.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Milka Milka, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
Maya Maya, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Mita Sari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Arif Furchan, Pengantar Metodologi Penelitian Kualitatif, (Surabaya: Usaha Nasional,1992)
Harbani, Pasalong. 2013. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta. Hal. 128
Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif, Teori Dan Praktik, (Jakarta: Bumi Aksara 2013), hlm. 80.
Imron Rosidi, Karya Tulis Ilmiah, (Surabaya: PT. Alfina Primatama, 2011), hlm.12.
Lexy. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000), hlm. 135.
Moenir, A.S. 2014. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyadi, D. 2015. Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan. Bandung: Alfabeta. Hal 45
Mulyadi, D. 2015. Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan. Bandung: Alfabeta
Mulyawan Rahman. 2016. Birokrasi dan Pelayanan Publik. Bandung : UNPAD PRESS. Hal. 14
Pelayanan Umum, openlibrary.org/b/OL/17025260M, 2005, diakses 12 April 2017 Pukul 13:55 Wib.
Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 22 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Cara Kerja Polda
Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 3 Tahun 2017 perihal Pedoman Mengadili Perempuan Yang Berhadapan Dengan Hukum
Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sinambela, Lijan Poltak. 2014. Reformasi Pelayanan Publik, Teori Kebijakan dan Implemetasi. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hal 7
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2006), hlm. 310.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. PT Alfabet
Suharsimi Ari Kunto, Managemen Penelitian, (Jakarta: PT. Renika Cipta,1993), cet. Ke-2, hlm. 309.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2010. Hal 193
Susatyo Herlambang. 2016. Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing. Hal. 172-172
Syafri Arif, Jumadi, Abdullah. 2016. Pengembangan Model Implementasi Kebijakan Program Penanganan Anak Jalanan Untuk Pengentasan Kemiskinan di Kota Makasar. Hal. 2
Syahida, Agung, Bayu. 2014. Implementasi Perda 14 Tahun 2009 Tentang Pengelolaan Sampah di Kota Tanjung Pinang (Studi kasus di Kelurahan Tanjung Unggat). Hal. 8
Syahputra Riza. 2020. Kualitas Pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD dr. Doris Sylvanus. UMP. Palangka Raya
Tjiptono, Fandy. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi
Undang-Undang No. 11 Tahun 2011 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak
Undang-Undang Republik Indonesia No. 13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban
Wahab, Solichin Abdul. 2015. Analisis Kebijaksanaan dari Formulasi ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Malan: Bumi Aksara. Hal. 135
Zaitunah, Subhan. 2004. Kekerasan Terhadap Perempuan. Pustaka Pesantren: Yogyakarta.
Published
2021-12-08
How to Cite
Milka, M., Maya, M., & Sari, M. (2021). Kualitas Pelayanan Khusus Perempuan dan Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum Di Subdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Kalteng Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020. Anterior Jurnal, 21(1), 43-49. https://doi.org/10.33084/anterior.v21i1.2860

Most read articles by the same author(s)