Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 4 Palangka Raya

The Effect Of Using The Internet As A Learning Source And Creativity To Mathematics Learning Results Class VIII Students Of SMPN 4 Palangka Raya

Authors

  • Emyartuti Artuti Universitas Palangka Raya
  • Pantur Pandiangan Universitas Palangka Raya
  • Suparman Suparman Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v21i2.2906

Keywords:

Pemanfaatan Internet, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN 4 Palangka Raya. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dan tes. Uji asumsi klasik yang dilakukan yaitu: uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu  dengan menggunakan  analisis  regresi linear berganda, yang meliputi uji t, uji F dan R-Square.  Hasil  penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan internet terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisien regresi sebesar 0,561.(2) ada pengaruh positif yang signifikan antara kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisien regresi sebesar 0,992 (3) ada pengaruh positif yang signifikan pemanfaatan internet  dan kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa dan nilai  >   (830,02 > 3,13) dan p-value = 0,000 < 0,05. (4) Nilai R-Square sebesar 93,4% artinya bahwa pengaruh yang diberikan oleh kombinasi pemanfaatan internet dan kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 93,4% sedangkan sisanya 6,6% dipengaruhi variabel lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Emyartuti Artuti, Universitas Palangka Raya

Pantur Pandiangan, Universitas Palangka Raya

Suparman Suparman, Universitas Palangka Raya

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik O. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran . Jakarta: PT Bumi Aksara
Munandar S.C.U. 1995. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Rusman dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.. Jakarta: Rajawali Press.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar . Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Downloads

Published

2022-04-06

How to Cite

Artuti, E., Pandiangan, P., & Suparman, S. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 4 Palangka Raya: The Effect Of Using The Internet As A Learning Source And Creativity To Mathematics Learning Results Class VIII Students Of SMPN 4 Palangka Raya. Anterior Jurnal, 21(2), 1–7. https://doi.org/10.33084/anterior.v21i2.2906