Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Melalui Teknik Atm (Amati, Tiru Dan Modifikasi) Di Kelas VI SD Negeri 1 Sagu Sukamulya

Improving Thematic Learning Outcomes Through Atm Techniques (Amati, Tiru And Modification) In Grade VI SD Negeri 1 Sagu Sukamulya

Authors

  • Nazarani Nazarani

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v4i2.1052

Keywords:

Hasil belajar Tematik, Teknik ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran teknik ATM (amati, tiru dan modifikasi) di kelas VI SD Negeri 1 Sagu Sukamulya. (2) untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar tematik dalam pembelajaran menggunakan teknik ATM (amati, tiru dan modifikasi) di kelas VI SD Negeri 1 Sagu Sukamulya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Pada siklus I skor yang diperoleh dari observasi guru adalah 137 sedangkan skor hasil observasi guru pada siklus II adalah 174 dan indikator keberhasilan 80%. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa yang mencapai 93,3 %. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Djamarah, Bahri, Syaiful.2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif .Jakarta : PT Rineka Cipta.
Roestiyah,N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Bungin, Burhan, 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial, Jakarta: Kencana Prenama Media Group.
http://carapedia.com/model_pembelajaran_jigsaw_info587.html : Diakses pada tanggal 07 Maret 2012 http://infoini.com/2012/pengertian-metode-jigsaw.html : Diakses pada tanggal 07 Maret 2012 Silberman, Mel. 2010. Cara Pelatihan & Pembelajaran Aktif. Jakarta: PT Indeks.
Muhibin Syah.(2004).Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Purwanto, M. Ngalim. 2001. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Suryabrata, Sumardi. 2002. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindi Persada

Downloads

Published

2019-09-10

How to Cite

Nazarani, N. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Melalui Teknik Atm (Amati, Tiru Dan Modifikasi) Di Kelas VI SD Negeri 1 Sagu Sukamulya: Improving Thematic Learning Outcomes Through Atm Techniques (Amati, Tiru And Modification) In Grade VI SD Negeri 1 Sagu Sukamulya. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 21–26. https://doi.org/10.33084/bitnet.v4i2.1052