Meningkatkan Ketrampilan Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika Melalui Workshop Media Pembelajaran Di SDN-1 Babual Baboti

Improving Teacher Skills In Making Math Learning Media Through Learning Media Workshop In SDN-1 Babual Baboti

Authors

  • Waktu Waktu

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v4i2.1054

Keywords:

Ketrampilan Guru Membuat Media Pembelajaran Matematika, Workshop Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana hasil ketrampilan guru dalam membuat media pembelajaran matematika melalui workshop media pembelajaran di SDN-1 Babual Baboti. (2) untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya peningkatan ketrampilan guru dalam membuat media pembelajaran matematika melalui workshop media pembelajaran di SDN-1 Babual Baboti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan sekolah (School Action Research). Pada siklus I ini, guru sudah mulai faham dan mampu membuat Media Pembelajaran matematika walaupun belum maksimal karena skor yang di dapat dari hasil observasi adalah 68 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: 4X 3= 12 Skor maksimal semua guru 8 X 12= 95 Skor harapan 75% X 96= 72, yang berarti Ketrampilan Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika cukup baik. Pada siklus II ini, guru sudah mulai faham dan mampu membuat Media Pembelajaran matematika dan sudah maksimal karena skor yang di dapat dari hasil observasi adalah 92 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: 4X 3= 12 Skor maksimal semua guru 8 X 12= 95 Skor harapan 75% X 96= 72, yang berarti Ketrampilan Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika sudah sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, 2007. Pedoman Bantuan Langsung (Block Grant) Pelaksanaan Penelitian Tindakan Bagi Pengawas Sekolah
Anonim, 2008. Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan sekolah (School Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Pengawas Sekolah SMA/SMK. Jakarta : Departemen Pendidikan
Anonim,1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Arief S. Sadiman, dkk, Media Pendidikan:pengertian,pengembangan dan pemanfaatannya ( Jakarta: Rajawali Pers, 2011)
Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajara. Jakarta: PT Raja Grafindo Persad
Asnawir dan Basyiruddin Usman, 2002. Media Pembelajaran Jakarta: Ciputat Pers. 2002
Basuki,Wibawa. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan
dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan. Anonim, 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Guru dan Dosen. Jakarta : Cemerlang.
Djamarah Bahri Syaiful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Erman suherman, dkk, Strategi Pembelajaran matematika kontemporer, (Bandung: Jica-UPI, 2003) hal. 243
Erman suherman, dkk, Strategi Pembelajaran matematika kontemporer, (Bandung: Jica-UPI, 2003) hal. 245
Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran ( Bumi Aksara, )
Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran ( Bumi Aksara, 2011) hal.123
Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran ( Bumi Aksara, 2011) hal. 126
Nasional Direktorat Jendral PMPTS. Arikanto S dan S. Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Sadiman S. Arief, dkk.1984. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 1984
Sanjaya, Wina . 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
SMA/SMK. Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar

Downloads

Published

2019-09-10

How to Cite

Waktu, W. (2019). Meningkatkan Ketrampilan Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika Melalui Workshop Media Pembelajaran Di SDN-1 Babual Baboti: Improving Teacher Skills In Making Math Learning Media Through Learning Media Workshop In SDN-1 Babual Baboti. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 32–36. https://doi.org/10.33084/bitnet.v4i2.1054