Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan Sederhana Melalui Pendekatan Savi Di Kelas III SD Negeri 1 Madurejo

Efforts To Improve Student Learning Outcomes Of Simple Fraction Material Through The SAVI Approach In Grades III In SD 1 Madurejo

Authors

  • Anang Hajeni

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i1.1328

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, Pecahan Sederhana, Pendekatan SAVI

Abstract

Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi Kelas III SD Negeri 1 Madurejo. Penelitian TIndakan Kelas ini di lakukan dengan 2 siklus yakni siklus I terdiri dari 3 pertemuan. Sedangkan siklus II dilakukan dengan 2 X pertemuan. Hasil belajar siklus I pada pertemuan ke 1 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 18 siswa atau 58,6%, sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai ≤ 75 13 siswa atau 42,9%. Pada pertemuan ke 2 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 22 siswa atau 70,9%, peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di bawah KKM ≤ 75 sebanyak 9 siswa atau 29,03%. Pada pertemuan ke 3 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 26 siswa atau 83,8%, sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai ≤ 75 5 siswa atau 16,12%. Hasil belajar siklus II pertemuan 1, peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 30 siswa atau 96,7% dan didik yang mendapatkan nilai ≤ 75 1 siswa atau 3,2%. Lalu pada pertemuan ke 2 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 31 siswa atau 100% dan peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≤ 75 sebanyak 0 siswa atau 0%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acep Yonni, dkk. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.
Achmad Sugandi, dkk. 2007. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.
Bahari, Nooryan. 2008. Kritik Seni Wacana, Apresiasi dan Kreasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bastomi. Suwaji. 2003. Kritik Seni. Semarang: UNNES Press.
BSNP. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
BSNP. 2007. Pedoman Penilaian Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Catharina Tri Anni, dkk. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.
DePorter, Bobbi. 2005. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang Kelas. Editor, Mike Hernacki. Diterjemahkan oleh Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Diplan & Rini. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Dalam Materi Menanggapi Suatu Cerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Di SD Muhammadiyah. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1):32-36.
Garha. Oho. 1980. Pendidikan Kesenian Seni Rupa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hadjar Pamadhi, dkk. 2010. Pendidikan Seni Di SD. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka
Herdian.(2009).Model Pembelajaran SAVI. [Online]. http://herdy07.wordpress.com/2009/04/22/model-pembelajaran-savi. [11 Nopember 2011].
Jools, Tessa dan Denise Grande. 2005. A Case Study in Elementary School Media Literacy and Arts Education. Project SMARTArt. 25-30.
Setiawan, M Andi & Diplan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Setiawan, M. Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Setyawan, Dedy. 2014. Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas XI Ips Sma Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal, 14(2):51-58.
Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Suharsimi Arikunto, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suprayekti, dkk. 2009. Pembaharuan Pembelajaran Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Surti, Wayan & Muhammad Jailani. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Dan Media Kartu Tebak Kata Pada Peserta Didik di SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas Tahun Ajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(2):14-28.

Downloads

Published

2020-03-31

How to Cite

Hajeni, A. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan Sederhana Melalui Pendekatan Savi Di Kelas III SD Negeri 1 Madurejo: Efforts To Improve Student Learning Outcomes Of Simple Fraction Material Through The SAVI Approach In Grades III In SD 1 Madurejo. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 1–5. https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i1.1328