Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Kd 3.2 Menjelaskan Bilangan Sampai 2 Angka Dan Nilai Tempat Penyusun Lambang Bilangan Melalui Penggunaan Media Benda Konkret Di Kelas I SD Negeri 1 Raja Seberang

Improved Student Learningn Outcomes In KD 3.2 Explain The Numbers Up To 2 Numbers And The Value Of The Place Compiler Symbol Of Numbers Through The Use Of Concrete Objects Media In Grade 1 SD Negeri 1 Raja Seberang

Authors

  • Nur Dewi Sri Purnama

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i1.1329

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, Bilangan 2 Angka, Nilai Tempat Penyusunan Bilangan, Media Konkret

Abstract

Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SD Negeri 1 Raja Seberang, pada  subjek penelitian Kelas I dengan jumlah siswa 32 siswa. Pada pelaksanaannya dibutuhkan ketrampilan tertentu dalam penggunaan metode ini yaitu prosedurnya memakan banyak waktu, membutuhkan pengumpulan dan analisis data ekstensif. Penelitian ini di lakukan dengan 2 siklus yakni siklus I terdiri dari 3 pertemuan. Sedangkan siklus II dilakukan dengan 2 X pertemuan. Hasil Belajar Siklus I siswa yang mendapat nilai ≥60 sebanyak 25 siswa atau 80,7 %, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai ≤60 adalah 6 siswa atau 19,23 %. Siklus II siswa yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM≥ 60 sebanyak 31 siswa atau 100 dan yang mendapatkan hasil belajar di bawah KKM ≤60 sebanyak 0 siswa atau 0%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Muhammad. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan Statistik. Bandung: Bumi Aksara.
Arifin, M. 1996. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arsyat, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Grafindo Persada.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Bandung: Balai Pustaka.
Djaali, H. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gie, The Liang. 1995. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberty.
Hasan, Iqbal. 2004. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
http://guruIPA.wordpress.com/category/pembelajaran/page/3/tanggal 13 juni 2015 Imam Nawawi, Terjemah Riyadhus Shalihin, Jakarta: Pustaka Amani,1999.
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.
Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):35-42.
Koentjaraningrat. 1991. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta:PT. Gramedia,
Loekmono, JT. 1985. Bimbingan Bagi Anak Remaja Yang Bermasalah. Jakarta: CV. Rajawali.
Mukhtar. 2003. Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Mizaka Gazila.
Partanto, Pius A dan M. Dahlan Al Barry. 1994. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arloka.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Riadin, Agung & Cici Liani Fitriani. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 13(2):1-5.
Saminanto. 2010. Ayo Praktik PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Semarang: RaSAIL.
Setyawan, Dedy. 2014. Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas XI Ips Sma Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal, 14(2):51-58.
Sudjana, Nana & Ibrohim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset,
Usman, Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers. Setiawan, M. Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Downloads

Published

2020-03-31

How to Cite

Dewi Sri Purnama, N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Kd 3.2 Menjelaskan Bilangan Sampai 2 Angka Dan Nilai Tempat Penyusun Lambang Bilangan Melalui Penggunaan Media Benda Konkret Di Kelas I SD Negeri 1 Raja Seberang: Improved Student Learningn Outcomes In KD 3.2 Explain The Numbers Up To 2 Numbers And The Value Of The Place Compiler Symbol Of Numbers Through The Use Of Concrete Objects Media In Grade 1 SD Negeri 1 Raja Seberang. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 6–12. https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i1.1329