Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mapel IPA KD.2 Memahami Cara Perkembangbiakan Makhluk Hidup Melalui Model Quantum Teaching Di Kelas VI SD Negeri 1 Sidorejo

Improving Student Learning Outcomes In Subject Matter Science KD .2 Understand How The Breeding Of Living Things Through The Quantum Teaching Model In Grades VI SD Negeri 1 Sidorejo

  • Satiran Satiran
Keywords: Hasil Belajar Siswa, IPA, Cara Perkembangbiakan Makhluk Hidup, Model Quantum Teaching

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI sebanyak 25 siswa. Prosedur penelitian ini dibagi menjadi dua tahapan yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan penelitian. Pada tahap pelaksanaan dibagai menjadi beberapa siklus, masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini di lakukan dengan 2 siklus yakni siklus I terdiri dari 3 pertemuan, sedangkan siklus II dilakukan dengan 2 X pertemuan. Pada pertemuan ke 3 siklus I peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥72 sebanyak 32 siswa atau 92,8%. Pada pertemuan ke 2 siklus II peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 72 sebanyak 35 siswa atau 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, Muhammad. 1998. Terjemah Subulus Salam. Surabaya: Al Ikhlas.
Ali, Muhammad. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan Statistik. Bandung: Bumi Aksara.
Arifin, M. 1996. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: PT. Bumi Aksara,
Armai, Arief. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers,
Azhar, Arsyat. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Bandung: Balai Pustaka.
Djaali, H. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fitriana, Cici Liana & Diplan. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2):7-11.
Gie, The Liang. 1995. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberty.
http://guruIPA.wordpress.com/category/pembelajaran/page/3/tanggal 13 juni 2015 Imam Nawawi, Terjemah Riyadhus Shalihin, Jakarta: Pustaka Amani,1999
Iqbal, Hasan. 2004. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Koentjaraningrat. 1991. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia.
Loekmono,JT. 1985. Bimbingan bagi Anak Remaja yang bermasalah. Jakarta: CV. Rajawali.
Mukhtar. 2003. Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Mizaka Gazila.
Ningsih, Ayu Putri & Diplan. 2018. Konseling Kelompok Dengan Teknik Relaksasi Kesadaran Indera Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Terhadap Emosi Marah Pada Remaja di Panti Sosial Bina Remaja Palangka Raya .Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2):12-18.
Partanto, Pius A. dan M. Dahlan Al Barry. 1994. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arloka.
Permadi, Ade Salahudin & Muchlis Saini. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):20-26.
Riadin, Agung & Cici Liani Fitriani. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 13(2):1-5.
Saminanto. 2010. Ayo Praktik PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Semarang: RaSAIL,
Setiawan, M Andi & Diplan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Sudjana, Nana dan Ibrohim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru,
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Usman, Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Published
2020-03-31
How to Cite
Satiran, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mapel IPA KD.2 Memahami Cara Perkembangbiakan Makhluk Hidup Melalui Model Quantum Teaching Di Kelas VI SD Negeri 1 Sidorejo. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 13-18. https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i1.1330