Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Dengan Mengunakan Model Pembelajaran Jigsaw Dan Media LKS Di Kelas VI SD Negeri 5 Madurejo

Improve Learning Outcomes Theme 1 Growth and Development of Living Things Using Models Jigsaw Learning and LKS Media in Grade VI Madurejo 5 Madurejo

  • Dini Karti
Keywords: Hasil Belajar, Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup, Jigsaw, LKS

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 5 Madurejo.. Penelitian ini berlangsung selama tiga bulan. Objek penelitian dilakukan di Kelas VI yang terdiri dari 35 siswa.PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di Kelas atau sekolah tempat ia mengajar dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan praktis pembelajaran.Hasil penelitian ini dilakukandalam beberapa poin yaitu siklus I danSiklus II .Pada siklus I skor yang diperoleh dari observasi guru adalah 236 sedangkan skor hasil observasi guru pada siklus II adalah 325.Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Siswa dapat mengikuti penerapan metode Jigsaw Dan Media LKS dengan baik dan lebih aktif dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa yang mencapai 93,3 %. Berdasarkan indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 80% , maka penelitian ini sudah dinyatakan tuntas pada siklus II. Dengan kata lain, analisis ini menunjukkan bahwa metode Jigsaw Dan Media LKS mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abin Syamsudin. 2009. Psikologi Kependidikan.Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Anselm,dkk, Dasar-dasar Penelitian Kualitatif (Prosedur, Tehnik danTeori Grounded), 1997. Penyadur Junaidi Ghony, P T Bina Ilmu, hlm. 11
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Bungin, Burhan, 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Bungin, Burhan, 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial, Jakarta: Kencana Prenama Media Group.
Diplan & Rini. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Dalam Materi Menanggapi Suatu Cerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Di SD Muhammadiyah. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1):32-36.
Fatmawati & Karyanti. 2018. Efektivitas Layanan Konseling Individu Dengan Pendekatan Realitas Untuk Pemantapan Peminatan Pada Peserta Didik SMAN-2 Palangkaraya. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2):18-21.
http://carapedia.com/model_pembelajaran_jigsaw_info587.html : Diakses pada tanggal 07 Maret 2012 http://infoini.com/2012/pengertian-metode-jigsaw.html : Diakses pada tanggal 07 Maret 2012 Silberman, Mel. 2010. Cara Pelatihan & Pembelajaran Aktif. Jakarta: PT Indeks.
Muhibin Syah.2004.Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosda karya.
Purwanto, M. Ngalim. 2001. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.
Soedarsono, F.X, AplikasiPenelitian Tindakan Kelas. Departemen Pendidikan Nasional, hlm. 2
Surti, Wayan & Muhammad Jailani. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Dan Media Kartu Tebak Kata Pada Peserta Didik di SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas Tahun Ajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(2):14-28.
Suryabrata, Sumardi. 2002. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindi Persada
www.kabarpendidikan.blogspot.com,www.arminaperdana.blogspot.com,www.kmpmalang.com : Diakses pada tanggal 07 Maret 2012
Zaini, Hisyam dkk. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani, 2006 http:///sunartombs.wordpress.com/2009/06/15/pengertian-dan-penerapan-metode-jigsaw: Diakses pada tanggal 07 Maret 2012
Published
2020-03-31
How to Cite
Karti, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Dengan Mengunakan Model Pembelajaran Jigsaw Dan Media LKS Di Kelas VI SD Negeri 5 Madurejo. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 19-26. https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i1.1331