Pengaruh Media Sosial Dan Televisi Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa SMKN 2 Marabahan

Influence Of Social Media And Television On Speaking Skills On Students Of SMKN 2 Marabahan

  • Sri Normuliati Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Istiqamah Istiqamah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
Keywords: Media Sosial, Televisi, Keterampian Berbicara

Abstract

Keterampilan berbicara berhubungan erat dengan perkembangan kosa kata yang diperoleh melalui kegiatan menyimak dan membaca. Di era teknologi dan perangkat media yang ada saat ini, banyak orang menggunakan media sosial dan televisi dalam membaca dan menyimak berbagai informasi, pengetahuan maupun hiburan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan televisi terhadap terhadap keterampilan berbicara pada siswa SMKN 2 Marabahan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sri Normuliati, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
Istiqamah Istiqamah, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

References

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arikunto,Suharsimi. 2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,Jakarta;PT.Rineka Cipta
Diplan. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SDN 5 Panarung Palangka Raya.(Tesis). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2009.
Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):35-42.
Karyanti, Muhammad Andi Setiawan. 2018. Model Konseling Kelompok Teknik Expresif Writing Berlandaskan Falsafah Dandang Tingang Untuk Meningkatkan Perilaku Respect. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(2):129-136.
Morissan. 2013. Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana
Mulyati, Yeti. 2008. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Musaba, Zulkifli. 2013. Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Ngalimun & Noor Alfulaila. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Prasetyo, Bambang & Lina Miftahul Jannah. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Ramli, Muhamad & Isnawati. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1):6-10.
Rusman dkk. 2015. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Perkasa
Santoso,S.2000. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta : Gramedia
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana
Sudarmanto, R.G. 2005. Analisis Regresi Linear Ganda Dengan SPSS, Yogyakarta: Graha Ilmu
Sugiyono. 2011.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D, Bandung: CV. Alfabeta
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Zulkifli. 2009. Terampil Berbicara Teori dan Pedoman Penerapannya. Banjarmasin: Program Pascasarjana PBSID FKIP
Published
2020-03-31
How to Cite
Normuliati, S., & Istiqamah, I. (2020). Pengaruh Media Sosial Dan Televisi Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa SMKN 2 Marabahan. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 27-35. https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i1.1332