Penerapan Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri 1 Kahayan Kuala

The Application Of Powerpoint Learning Media To Improve Learning Outcomes Of Science Subjects In SMP Negeri 1 Kahayan Kuala

Authors

  • Ade S. Permadi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Febriana Mentari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i1.1336

Keywords:

Hasil Belajar IPA, Media Powerpoint

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik, mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah menggunakan media Powerpoint pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Mahkluk Hidup di kelas VIII A SMPN 1 Kahayan Kuala. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMPN 1 Kahayan Kuala yang terdiri dari 26 peserta didik. Analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan penelitian ini di peroleh aktivitas belajar peserta didik di kelas VIII A SMPN 1 Kahayan Kuala setelah menggunakan media Powerpoint lebih baik dan mengalami peningkatan di setiap siklus, adanya peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan media Powerpoint pada SMPN 1 Kahayan Kuala yang menunjukan Hasil belajar IPA pada Siklus I memperoleh nilai rata–rata 74,46 dengan ketuntasan klasikal 61,53 dan pada Siklus II memperoleh nilai rata–rata 87,61 dengan ketuntasan klasikal 100.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ade S. Permadi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Febriana Mentari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Aisa Netiy. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Media Pembelajaran Powerpoint Kelas XI IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI ( MAN ) MODEL PALANGKARAYA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Briggs. 2012. Ragam Metode Mengajar Eksaka Pada Murid. Yogjakarta : Diva Press
Diplan & Andi. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Sleman : CV Budi Utama.
Fitriana, Cici Liana & Diplan. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2):7-11.
Gagne. ( 2012 ). Ragam Metode Mengajar Eksaka Pada Murid. Yogyakarta : Diva Press
H. Karwono. Mularsih Heni. 2017. BELAJAR DAN PEMBELAJARAN: Serta Pemanfaatan Sumber Belajar.
Hamid Darmadi. 2011. Metode penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Ningsih, Ayu Putri & Diplan. 2018. Konseling Kelompok Dengan Teknik Relaksasi Kesadaran Indera Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Terhadap Emosi Marah Pada Remaja di Panti Sosial Bina Remaja Palangka Raya .Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2):12-18.
Nurbaya Siti. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Media Power Point Di Kelas VII B SMPN 12 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi : Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Permadi, Ade Salahudin & Muchlis Saini. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):20-26.
Permana, B. Alex. ( 2006 ). Student Guide Series Microsoft Powerpoint. Jakarta : PT Media Komputindo.
Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada SMAN 2 KATINGAN HILIR KASONGAN Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Skripsi : Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Purnomo. 2015. Pemanfaatan Media Belajar Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII B SEMESTER 2 TA HUN 2015 SMP NEGERI 3 BANYUBIRU, Skripsi. PEMANFAATAN_MEDIA_BEL AJAR_POWERPOINT_UNTUK_MENINGKATKAN_HASIL_BEL AJAR_IPA_SISWA_KELAS_VII_ B_SEMESTER_2_TAHUN_2015_ SMP_NEGERI_3_BANYUBIRU. Di akses pada tanggal 13 Februari 2019 19.15 WIB.
Rasyid, H. dan Mansur. 2008. Penilaian Hasil Belajar, Bandung : CV Prima.
Riadin, Agung & Cici Liani Fitriani. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 13(2):1-5.
Setiawan, M Andi & Diplan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Setiawan, M. Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sugiyono. 2010. Kerangka Berfikir. Bandung: Alfabeta.
Suryani Nunuk. Setiawan Achmad. Putria Aditin. 2018. Media Pembelajaran inovatif dan pengembangannya.
Sutomo Erwin. ( 2007 ). 9 Presentasi Kreatif dengan Powerpoint 2007. Yogyakarta : ANDI.
Syahril Muhammad. 2014. Pemanfaatan Media Power Point Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada MA DARUL ULUM Palangka Raya. Skripsi : Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Downloads

Published

2020-03-31

How to Cite

S. Permadi, A., & Mentari, F. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri 1 Kahayan Kuala: The Application Of Powerpoint Learning Media To Improve Learning Outcomes Of Science Subjects In SMP Negeri 1 Kahayan Kuala. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 55–62. https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i1.1336