Melalui Praktek Pembelajaran Two Stay Dua Stray Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Pemahaman Subjek Pembahasan Bagi Siswa Kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 1 Dusun Selatan

Through The Practice Learning Of Two Stay Two Stray In Learning Bahasa Indonesia For Improving The Understanding Subject Of Discussion For Students In Grade XII Mipa 3 SMA Negeri 1 Dusun Selatan

  • Nuriati Nuriati SMAN 1 Dusun Selatan
Keywords: Two Stay Two Stray, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pemahaman Subjek Pembahasan

Abstract

Pembelajaran praktek Two Stay Two Stray sangat sesuai dengan Bahasa Indonesia untuk mata pelajaran disscusion. Dengan latihan metode Two Stay Two Stray, siswa yang kurang menguasai Bahasa Indonesia akan termotivasi untuk bekerja dalam kelompok sehingga memudahkan siswa tersebut untuk memahami materi pelajaran. Proses pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII MIPA 3 mata pelajaran disscusion, setelah dilakukan evaluasi kondisi awal didapatkan hasil yang kurang memuaskan, terdapat 18 siswa (51,43%) yang tidak tuntas dengan kriteria ketuntasan minimal 75. Oleh karena itu pembelajaran perbaikan diperlukan melalui praktek pembelajaran Two Stay Two Stray. Hasil siklus I sebanyak 29 siswa (82,86%) tuntas, sedangkan 6 siswa (17,14%) tidak tuntas. Artinya terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa. Namun peningkatan tersebut belum sesuai dengan yang diharapkan, yakni diatas 85% dari jumlah siswa. Kemudian diperlukan peningkatan pembelajaran pada siklus II. Hasil siklus II sebanyak 32 siswa (91,43%) tuntas. Artinya ada peningkatan ketuntasan belajar siswa. Kriteria ketuntasan diatas 85%, hal ini menunjukkan bahwa peningkatan pembelajaran pada siklus II melalui praktek pembelajaran Two Stay Two Stray telah berhasil dan terbukti kebenarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nuriati Nuriati, SMAN 1 Dusun Selatan

References

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Jakarta; PT. Rineka Cipta, 2003
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007
Permadi, Ade Salahudin & Muchlis Saini. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):20-26.
Redja, Mudiyaharjo, Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal tentang Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta: PT.Grafindo Persada, 2002
Riadin, Agung & Cici Liani Fitriani. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 13(2):1-5.
Rohani, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2004
Setiawan, M Andi & Diplan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Silberman, Mel, Two Stay Two Stray , Yogyakarta,YAPPENDIS, 2002
Sugiono, Strategi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&DBandung: Alfabeta, 2009
Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psiklogi Proses Pendidikan, Bandung; PT. Remaja Rosda Karya, 2006
Surakhmad, Winarno, Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung: Tarsito, 2004
Suprijono, Agus, Coperatif Learning, Yongyakarta: Pustaka Pelajar, 2009
Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2006
Undang-undang RI tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003, Bandung: Citra Umbara, 2003
Winkel W.S, Psikologi Pengajaran, Yogyakarta. Media Abadi.2004
Published
2020-09-30
How to Cite
Nuriati, N. (2020). Melalui Praktek Pembelajaran Two Stay Dua Stray Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Pemahaman Subjek Pembahasan Bagi Siswa Kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 1 Dusun Selatan. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), 51-58. https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i2.1750