Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Tentang Pengurangan Bilangan Bulat Menggunaan Media Kartu Bilangan

Improving Students Mathematics Learning Outcomes About Subtracting Integers Using Number Card Media

  • Lici Lici SDN 14 PALANGKA
Keywords: Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar Siswa, Media Kartu Bilangan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, pembelajaran yang menggunakan metode yang tepat dapat membangkitkan minat dan motivasi siswa untuk belajar, sehingga anggapan matematika adalah pelajaran yang sulit dapat terhapuskan selanjutnya hasil belajar siswa pun akan meningkat.. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa tentang pengurangan  bilangan bulat di kelas I SDN 14 Palangka setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan penggunaan media kartu bilangan dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran matematika dengan penggunaan media kartu bilangan yang berorientasi pada upaya meningkatkan hasil belajar siswa.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus terdiri atas perencanaan pembelajaran, Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran matematika dengan penggunaan media kartu bilangan mengalami peningkatan tiap siklusnya. Rekapitulasi hasil pembelajaran siklus I dengan nilai rata-rata 58,46 dan siklus II dengan nilai rata-rata 66,92. Maka hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan model pembelajaran matematika dengan penggunaan media kartu bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lici Lici, SDN 14 PALANGKA

References

Bahari Samsudin (2004) Kamus Matematika Bergambar Untuk SD, Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Anisa, Rizki Nur dan Agung Riadin. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada SDN 2 Selat Dalam Kuala Kapuas Tahun Pelajaran 2016/2017. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 3:1(53-61).
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1994) Matematika 1 Mari Berhitung, Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional (2006) Permendiknas No. 32 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Depdiknas.
Edward D. Zaccaro (2005) Challenge Math For The Elementary and Middle School Student (School Edition), USA: Hictory Grove Press.
Permadi Ade Salahudin dan Repitae Repitae. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Dengan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas IV SDN-3 Telangkah Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. 13:2(23-28).
Putra, Chandra Anugrah, M Andi Setiawan, M Jailani dan Ade S Permadi. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Jurnal Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Riadin Agung dan Muhammad Jailani. 2020. Differences in Increasing an Economic Learning Outcomes by Applying the Cooperative Model of NHT (Numbered Head Together) and IOC (Inside Outside Circle) Models in Participants. Differences. 11:2.
Tim KKG Matematika (2005). Matematika untuk SD/MI Kelas I, Malang: Dinas Pendidikan Kota Malang.
Published
2021-09-12
How to Cite
Lici, L. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Tentang Pengurangan Bilangan Bulat Menggunaan Media Kartu Bilangan. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(2), 10-16. https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i2.2710