Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Volume Kubus Dan Balok Melalui Metode Kerja Kelompok Menggunakan Media Kubus Satuan

Improving Student Learning Outcomes on Cube and Block Volume Materials Through Group Work Method Using Unit Cube Media

  • Marline Silvi Diana SDN 6 PANARUNG
Keywords: Media Kubus dan Balok, Metode Kerja Kelompok

Abstract

Mata pelajaran matematika memegang peranan penting untuk membantu peserta didik mencapai kompetensi yang lebih luas.Materi matematika yang diajarkan di sekolah harus dipilih dan disesuaikan dengan tujuan pendidikan, kompetensi dan kepribadian peserta didik sesuai dengan tututan perkembangan seiring dengan kemajuan ilmu teknologi.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. PTK diangkat dari persoalan- persoalan yang dihadapi guru di kelas. Hasil penelitiannya dapat dimanfaatkan secara langsung untuk kepentingan meningkatkan kualitas meningkatkan kegiatan belajar-mengajar di kelas atau untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Prosedur pelaksanaannya dapat dimulai Dari Perencanaan, Tindakan atau observasi, Refleksi dan Hasil.

Subjek  tindakan pada penelitian ini adalah siswa-siswi Kelas V SDN-6 Panarung. Jumlah siswa Kelas V SDN-6 Panarung yaitu sebanyak 22 (dua puluh) orang; yang terdiri dari 14 (empat belas) orang siswa laki-laki dan 8 (delapan) orang  siswa perempuan. Jadi jumlah subjek penelitian sebanyak 22 Orang. Siklus Penelitian Rancangan ada Siklus I dan Siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Marline Silvi Diana, SDN 6 PANARUNG

References

Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.
Ali, Mohammad. 1997. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung Angkasa
Arikunto Suharsimi.1989. Manajemen Penelitian. Dirjen DIKTI P2LPTK, Jakarta
Burhan Mustaqim dan Ary Astuty, 2008.Depdiknas DirjenDikdasmen dan Dirjen Pembinaan Tk dan SD, 2009.Model Bahan Ajar Matematika Untuk Sekolah Dasar.Jakarta.
Depdiknas Dirjendikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan, 2004. Interaksi Belajar Mengajar, Jakarta.
Depdiknas Dirjendikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan. 2004. Dasar-Dasar Pembelajaran, Jakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
OemarHamalik.(2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Pustekkom,2009. Pemanfaatan Internet Dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Riadin Agung dan Uswatun Nisa. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Model Pembelalajaran Langsung Menggunakan Media Mobil Garis Bilangan Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. 12:2(28-33).
Setyawan Dedy dan Chandra Anugrah Putra. 2020. Pengaruh Logic-Mathematic Intelligence Dan Cognitive Load Theory Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Holistika. 4:2 (96-100).
Suhardjono. 2009.Pertanyaan Dan Jawaban di Sekitar Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah. Universitas Negeri Malang : Penerbit Cakrawala Indonesia LP3.
Published
2021-09-13
How to Cite
Silvi Diana, M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Volume Kubus Dan Balok Melalui Metode Kerja Kelompok Menggunakan Media Kubus Satuan. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(2), 25-30. https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i2.2712