Meningkatan Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Menggunakan Permainan Puzzle Pada Siswa Kelas Iv

Improving Learning Operations Counting Mixed Integers Using Puzzle Games for Class IV Students

  • Otiliana Otiliana SDN 14 PALANGKA
Keywords: Prestasi Belajar, Operasi Hitung Campuran, Permainan Puzzle

Abstract

            Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas IV SDN 14 Palangka Kota Palangka Raya pada materi Operasi  hitung campuran bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan upaya peningkatan prestasi belajar operasi hitung campuran menggunakan permainan Puzzle pada siswa kelas IV SDN 14 Palangka Kota Palangka Raya. Meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas IV SDN 14 Palangka Kota Palangka Raya materi operasi hitung campuran bilangan bulat menggunakan permainan puzzle. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 14 Palangka yang berjumlah 29 orang. Obyek Penelitian ini adalah peningkatan prestasi belajar siswa materi operasi hitung campuran bilangan bulat. Tehnik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes tertulis. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif.

                Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Upaya peningkatan prestasi belajar operasi hitung campuran pada siswa kelas IV SDN 14 Palangka Kota Palangka Raya ini telah dilakukan dengan metode permainan puzzle. Penggunaan metode permainan puzzle dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi operasi hitung campuran bilangan bulat siswa kelas IV SDN 14 Palangka Kota palangka Raya Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari kondisi awal 59,72 menjadi 62,78 pada siklus I dan menjadi 72,22 pada siklus II. Persentase ketuntasan meningkat dari kondisi awal 33% menjadi 44% pada siklus I dan menjadi 83% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Otiliana Otiliana, SDN 14 PALANGKA

References

Riadin Agung dan Kurnia Sari. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Berbantuan Media Menjemur Kaos Berbasis Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II-A di SDN-5 Panarung Palangkaraya Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. 13:1(16-23).
Djamarah,S.B.(2002). Psikologi Belajar. Jakarta : Asdi Mahasatya.
Djamarah.(1994). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Handoko,Martin.(2006).100 Permainan Penyegar Pertemuan. Jakarta: Kanisius.
Ismadi,Janu.(2006). Ensiklopedia Matematika Untuk Anak From Zero to Hero.Jakarta: Ricardo.
Mardiyatmo,Esmet Untung.(2010). Kumpulan Permainan Seru –Tutorial untuk Para Fasilitator & Instruktur.Yogyakarta : Andi.
Permadi Ade Salahudin dan Repitae Repitae. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Dengan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas IV SDN-3 Telangkah Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. 13:2(23-28).
Pitajeng. (2006). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta : Depdiknas.Slameto.(1995).Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Rizki Nur Anisa dan Agung Riadin. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada SDN 2 Selat Dalam. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 3:1(53-61).
Setyawan Dedy dan Chandra Anugrah Putra. 2020. Pengaruh Logic-Mathematic Intelligence Dan Cognitive Load Theory Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Holistika. 4:2(96-100).
Sudono, Anggani. (2000).Sumber Belajardan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo.
Syukron, Muh.(2011).Upaya Penggunaan media Gamez Puzzle Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jakarta: MTS Muhamadiyah.
Tim Bina Karya Guru.(2007).Terampil Berhitung Matematika untuk SD KelasIV. Jakarta: Erlangga.
Yudha,Andi.(2009).Kenapa Guru Harus kreatif? Bandung : Mizan.
Published
2021-09-13
How to Cite
Otiliana, O. (2021). Meningkatan Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Menggunakan Permainan Puzzle Pada Siswa Kelas Iv. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(2), 31-37. https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i2.2713