Peningkatan Prestasi Belajar Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Cacah Menggunakan Teori Belajar Jerome S Bruner

Improved achievement of Learning Operations Counting Addition of Whole Numbers Using Jerome S Bruner's Learning Theory

Authors

  • Priskila Nyai SDN 7 LANGKAI

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i2.2715

Keywords:

Prestasi Belajar, Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Cacah, Teori Belajar Jerome S Bruner

Abstract

Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas I sebanyak 22 siswa, yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata pra tindakan 58,40, siklus I adalah 66,36 dan siklus II sebesar 80,90, sedangkan untuk ketuntasan belajar pra tindakan sebesar 40% ada 9 siswa mencapai KKM, kemudian meningkat 23% pada siklus I menjadi 63% ada 14 siswa mencapai KKM dan pada siklus II meningkat 23% menjadi 86% ada 19 siswa mencapai KKM. Aktivitas siswa ketika pembelajaran meningkat 12,83% dari siklus I sebesar 60,51% meningkat menjadi 73,34% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Priskila Nyai, SDN 7 LANGKAI

References

Diah Rahmatia dan Pipit Pitriana. (2007). Kamus Pelajar Matematika. Jakarta: Ganeca Exact.
Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Eko Putro Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hasan Alwi, dkk. (2002) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Herman Hudoyo. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.
Heruman. (2007) Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kasihani Kasbolah. (1999). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Depdikbud.
Lisnawati Simanjuntak, dkk.(1992). Metode Mengajar Matematika I. Jakarta: Rineka Cipta.
Marsigit. (2003). Wawasan tentang Strategi dan Aplikasi Pembelajaran
Matematika Berbasis Kompetensi. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/dosen/marsigit-dr-ma pada tanggal 25 Maret 2014 pukul 18.00 WIB
Nana Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2007). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nita Ariani. (2010). Ensiklopedia Matematika. Bogor: Arya Duta
Nyimas Aisyah, dkk. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Pitadjeng. (2006). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Riadin, Agung. 2016. Learning Outcomes On The Class Vii Of Mtsn 1 Model Palangkaraya Kalimantan Tengah. Pedagogik Jurnal Pendidikan. 11:1(24:36).
Rita Eka Izzaty, dkk (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press
Rizki Nur Anisa dan Agung Riadin. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada SDN 2 Selat Dalam. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 3:1(53-61).
Saifuddin Azwar. (1996). Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Santrock, John W. (2008). Psikologo Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman A.M (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Setyawan Dedy dan Chandra Anugrah Putra. 2020. Pengaruh Logic-Mathematic Intelligence Dan Cognitive Load Theory Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Holistika. 4:2(96-100).
Sofyan Anif. (2012). Profesi dan Implementasi Guru. Surakarta: BP-FKIP UMS
Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta
Sumiati dan Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Winkel, W.S. (1999). Psikologi Pengajaran, Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Downloads

Published

2021-09-13

How to Cite

Nyai, P. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Operasi Hitung Penjumlahan Bilangan Cacah Menggunakan Teori Belajar Jerome S Bruner: Improved achievement of Learning Operations Counting Addition of Whole Numbers Using Jerome S Bruner’s Learning Theory. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(2), 46–53. https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i2.2715