Peningkatan Hasil Belajar Psikomotorik Siswa Pada Materi Lompat Jauh Gaya Hang Style Berbantukan Media Punching-Pad

Improving Student Psychomotor Learning Outcomes in Hang Style Long Jump Material Assisted with Punching-Pad Media

Authors

  • Muslih Jauhari SMA Negeri 2 Banjar

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i1.3356

Keywords:

Hang Style, Punching-Pad Media, Lompat Jauh, Penjasorkes

Abstract

Mata pelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (penjasorkes) merupakan mata pelajaran yang mempunyai aspek luas. Tidak hanya bertujuan untuk meningkatan aspek fisik saja, namun penjasorkes berusaha untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan sosial dengan melatih kejujuran dan sportifitas, kerja sama, dan mengembangkan sikap positif dalam diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media Punching-Pad dalam pembelajaran lompat jauh gaya hang style pada mata pelajaran penjasorkes dapat meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research). Terdapat dua putaran dimana setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1  SMA Negeri 2 Banjar Tahun pelajaran 2019/2020. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dalam pembelajaran lompat jauh gaya hang style dengan media Punching-Pad. Hasil penelitian menunjukan dampak positif dalam peningkatan hasil belajar ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar dalam setiap siklus, yaitu siklus I (73,53 %) dan siklus II (91,18 %). Penerapan metode ini memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar serta dapat digunakan sebagai salah satu alternative penjasorkes.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muslih Jauhari, SMA Negeri 2 Banjar

References

Abdulkadir, Ateng. 1992. Asas dan Landasan Pendidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan Jasmani.
A.M, Sardiman. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Anni, Catharina Tri.2006. psikologi Belajar. Semarang: UPT MKKUNNES
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Depdikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Eddy Purnomo dan Dapan. 2011. Dasar-Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta: Alfamedia.
Hamalik, Oemar. 2009. Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Hurlock, Elizabeth B. 1993. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Jerver, J. 2009. Belajar dan Berlatih Atletik. Bandung: Pioner Jaya.
Kristiyanto, Agus. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: UNS Press
Purnomo, Eddy dan Dapan.2011. Dasar -Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta: Alfamedia.
Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP/MTS. Jakarta: Litera.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suherman, Adang. 2000. Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
Sumardi Suryabrata, 2004, Psikologi Pendidikan, Ed.5, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Supandi. 1992. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Departemen Pendidikan Jasmani.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Jauhari, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Psikomotorik Siswa Pada Materi Lompat Jauh Gaya Hang Style Berbantukan Media Punching-Pad: Improving Student Psychomotor Learning Outcomes in Hang Style Long Jump Material Assisted with Punching-Pad Media. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(1), 53–60. https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i1.3356