Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Bantuan Video Animasi

Improving Procedure Text Writing Skills Using Project Based Learning Model With The Help Of Video Animation

Authors

  • Sumiyati Sumiyati SDN 4 KASONGAN BARU

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i1.3373

Keywords:

Keterampilan Menulis, Teks Prosedural, Project Based Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Project Based Learning dengan Bantuan Video Animasi pada Siswa Kelas IX B SMP Negeri 5 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan dokumentasi kemudian dianalisis secara deskriptif persentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis text procedural dalam Bahasa Inggris pada Siswa Kelas IXB SMP Negeri 5 Banjarmasin melalui penerapan Model Project Based Learning dengan Bantuan Video Animasi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Nilai rata-rata pada pra siklus adalah 63,60, meningkat menjadi 68,63 pada siklus I dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 76,13.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sumiyati Sumiyati, SDN 4 KASONGAN BARU

References

Akhadiah, Sabarti. 2015. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Febri, A. E., dan Setya. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Untuk Siswa Kelas X Jurusan RPL di SMK Krian 1 Sidoarjo.” Universitas Negeri Surabaya.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21:Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kuriklum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, Enco. 2019. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyoto. 2015. Kiat Menulis untuk Media Massa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Pramono, Waris. 2017. Perbandingan Metode Frame By Frame Dan Expression Dalam Pembuatan Animasi Dua Dimensi. Yogyakarta: Universitas Amikom.
Putra Chandra A, M Andi Setiawan, M Jailani dan Ade S Permadi. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Tarigan, Djago. 2016. Pintar Bahasa Indonesia SMP Kelas 1 (Pelajaran kelima kegiatan membuat ikhtisar isi pidato). Jakarta: Balai Pustaka.
Tarigan, H. G. 2017. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yusa, IMM. 2016. “Pemanfaatan Animasi 2 Dimensi Model Infografik dalam Perancangan Video Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pengolahan Sampah Rumah Tangga di Denpasar.” STIMIK STIKOM Indonesia.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Sumiyati, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Bantuan Video Animasi: Improving Procedure Text Writing Skills Using Project Based Learning Model With The Help Of Video Animation. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(1), 16–21. https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i1.3373