Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI)

Efforts to Improve Social Studies Learning Outcomes Using Inquiry Learning Strategies (SPI)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i2.753

Keywords:

Hasil Belajar, IPS, Strategi Pembelajaran, Inkuiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui aktivitas belajar peserta didik selama mengikuti pembelajaran IPS melalui strategi pembelajaran inquiry (SPI) , (2) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS setelah belajar melalui strategi pembelajaran inquiry (SPI). Penelitian ini dilakukan pada minggu ke-3 dan ke-4 bulan Mei 2015 yang berlokasi di SDN 2 Mambulau, Kecamatan Kapuas Hilir. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK ) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas IV SDN 2 Mambulau yang berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila ketuntasan aktivitas belajar peserta didik secara klasikal mencapai skor minimal 3, hasil belajar dengan kriteria ketuntasan minimal 60 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai nilai minimal 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) penggunaan strategi pembelajaran inquiry (SPI) pada mata pelajaran IPS lebih aktif peserta didik yang ditunjukkan dengan perolehan skor hasil pengamatan di atas 3, (2) pengunaan strategi pembelajaran inquiry pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata 62,85 pada siklus I meningkat menjadi 76,42 pada siklus II. Ketuntasan belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan dengan nilai 71% pada siklus I meningkat menjadi 85,7% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Chandra Anugrah Putra, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Djamarah, (2011). Pengertian Belajar dan Hasil Belajar.http://Duniabaca.com.html. Diakses tanggal 03 Maret 2012
Aqib, Zainal. (2014). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstekstual (Inovatif). Bandung : Penerbit Yrama Widya.
Hamalik, 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif), Jakarta : Gaung Persada Press.
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kuswantini. (2008). Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas IV SDN Pusungmalang II Kabupaten Pasuruan. Pasuruan ; Kuswantini.
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin :Aswaja Pressindo.
Nurbudiyani, I. 2013. Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iii Sd Muhammadiyah Palangkaraya. Anterior Jurnal. 13(1):88-93.
Nur Hamiyah & Muhammad Jauhar. (2014). Strategi belajar mengajar dikelas. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.
Nasikhul, Muhammad. (2013). Makalah Metode Penelitian Kombinasi. (http://muhammadnasikhul.com/2013/10/makalah-metode-penelitian-kombinasi). Diaskes bulan oktober 2013.
Rahmadani, Mawaddah,dkk. (2012). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 153 Pekanbaru. Pekanbaru : Rahmadani.
Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sari, Permata Berlian. ( 2013). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Media Papan Berpaku.Palangkaraya : FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Setyawan, D. 2014. Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal. 14(1):51-58.
Suhardjono. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi, A., dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. (2006). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sukayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas di SD. Yogyakarta.
Susanto, Ahmad . (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana: PT Kharisma Putra Utama.
Suyati, E.S. 2013. Hubungan Minat dan Tingkat Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar IPS Peserta Didik di SMP Negeri 6 Palangka Raya. Anterior Jurnal. 13(1):56-68.
Yaba. (2006). Ilmu Pengetahuan Sosial 1.Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar : Makassar.
Yamin, Martinis. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta : Referensi (GP Press Group).
Suprihatingrum, Jamil. 2014. Strategi Pembelajaran Teroti dan Aplikasinya. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Tim Penyusun (2013), Buku Pedoman Penulisan Skripsi, Palangkaraya UMP
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2017-08-18

How to Cite

Putra, C. A., & Dewi, N. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI): Efforts to Improve Social Studies Learning Outcomes Using Inquiry Learning Strategies (SPI). Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 11–19. https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i2.753