Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik

Efforts to Improve Learning Outcomes of Science through the Application of Multimedia-Based Learning Media of Students

  • Ade Salahuddin Permadi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Muchlis Saini Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Pembelajaran, IPA, Media, Multimedia

Abstract

Penelitian ini bertujuan :(1) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik kelas Vb MI Darul Ulum Palangka Raya dalam pembelajaran IPA tentang pesawat sederhana dengan penerapan media pembelajaran berbasis multimedia. (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA peserta didik apakah ada peningkatan saat menerapkan media pembelajaran berbasis multimedia. Metode yang digunakan peneliti adalah menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi sekarang. Yang menjadi subyeknya dalam penelitian ini peserta didik kelas Vb MI Darul Ulum Palangkara Raya sebanyak 31 orang. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan rata-rata dan persentase. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Aktivitas belajar peserta didik kelas Vb MI Darul Ulum Palangka Raya lebih aktif pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan Media Multimedia pada siklus I mencapai 2,95 dikategorikan cukup dan siklus II mencapai 3,75 dikategorikan baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar IPA dengan Penerapan media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada peserta didik kelas Vb MI Darul Ulum Palangka Raya. Hal ini terlihat dari data hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai 83,87% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Adapun standar ketuntasan yang ditentukan sekolah untuk pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yaitu 60.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ade Salahuddin Permadi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Ariska, W., Rahmaniati, R. 2016. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL TIPE MAKE – A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK PADA MATERI PENGARUH CUACA TERHADAP KEGIATAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN DI KELAS III SDN – 9 LANGKAI PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1):36-40.
Fajar Shadiq, (2003).Penalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPG Matematika
Herman Hudojo, (2003).Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Jurusan Matematika FMIPA UNM
Heruman, (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Hollands, (1991).Kamus Matematika. Jakarta: Penerbit Erlangga
Koesmartono, & Rawuh, (2001).Matematika Pendahuluan. Bandung: ITB
Kunandar, ( 2010).Langkah Mudah Peneltian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Margono, (2009).Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Mohammad Asrori, (2008).Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: CV Wacana Prima
Mustofa Usman, dkk, (2009).Statistik. Bandung: PT Sinar Baru Algesindo
Riduwan, (2009).Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, (2007).Statistik untuk Penelitian. Bandung: PT Alfabeta
Suharsimi Arikunto, (2006).Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Suharsimi Arikunto, dkk, (2009).Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT Bumi Aksara
Ariani, Niken & Haryanto, Dani. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Presentasi Pustaka
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Djamarah,B.S. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Hamalik, Oemar. 2010. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Hari, Santoso. 2014. Upaya Meningkatakan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Problem Solving Pada Peserta Didik MIS Darul Ulum Kota Palangkaraya. Skripsi Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
Iskandar. 2012. Peneltian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi (GP Press Group)
Jennah, Rodhatul. 2009. Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press
Kusumah, W Mediijaya & Dwitagama Dedi. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indekas Permata Putri Media
Munir. 2013. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Munir. 2010. Kurikulum Berbaisi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group)
Muslick, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara
Noor, F. 2015. Peranan Media Animasi terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Mahasiswa PGSD. Anterior Jurnal. 15(1):39-47.
Rahmaniati, R. 2015. Keterampilan Calon Guru SD Dalam Menerapkan Media Pembelajaran IPA Berbasis IT Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN–5 Panarung Palangka Raya. Anterior Jurnal. 15(1):62-69.
Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta
Sadiman, dkk. 2010. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers
Sudijono, Anas. 2012. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajawali Pers Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitaif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sumadoyo, Samsu. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kecana Prenademedia Group
Sofrayani. 2014. Penggunaan Media LCD Pada Pembelajaran. STAI Darussalam Martapura: Jurnal Darussalam
Suprihatingrum, Jamil. 2014. Strategi Pembelajaran Teroti dan Aplikasinya. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Published
2017-08-18
How to Cite
Permadi, A. S., & Saini, M. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 20-26. https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i2.754