Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan dan Hasil Belajar Menulis pada Peserta Didik
Application of the Constructivism Approach to Improve Learning Ability and Results Writing in Students
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas kemampuan dan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik menggunakan Pendekatan Konstruktivisme tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan berupa observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 1 Mandomai. Nilai aktivitas peserta didik pada siklus I mencapai angka 2,64 dalam kategori cukup baik dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 4 amat baik. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai nilai rata-rata 40 dalam keterangan tidak tuntas dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi nilai rata-rata 86,5 dalam keterangan tuntas. Pada siklus I ke siklus II meningkat 46,5 % atau sebesar 45%.
Downloads
References
Baharuddin&WahyuniNurEsa.2009. Teori Belajar dan Pembelajaran.Jogyakarta :Ar-Ruzz Media.
Djamrah. S.B. Zain Aswan, (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta :Rineka Cipta.
Hamalik, 2008.Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.
Harjanto. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayatullah, 2014.Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Pada SDN 3 Selat Hilir Kapuas.Skripsi.Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
Kiyati Djojosoroto & M.L.A Sumaryati.2014.Bahasa & Sastra.Bandung : Nuansa Cendekia
Kusumaningsih dewi,2013.Terampil Berbahasa Indonesia.Yogyakarta : AC.V.Andi OFFSET
Lestari, A., Afrom, I. 2013. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN WRITING WORKSHOP PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN-2 PETUK BUKIT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1):1-5.
Musaba, Zulkifli.2013. T erampil Menulis. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
Nur, Muhammad. 2013. Pendekatan Konstruktivisme. Surabaya:UNESA.
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa Dan Sastra. Surabaya: SIC.
Sosanto, Ahmad,2013. Teori Belajar & Pembelajaran.Jakarta. KENCANA.
Sigit,2013. Pembelajaran Konstruktivisme. Bandung : ALFABETA
Sanjana, Wina.2013. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ).Jakarta.KENCANA
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di SekolahDasar. Jakarta :Kencana
Sujarweni. V. Wiratna, (2014), Metodologi Penelitian. Yogyakarta :Pustaka Baru Press.
Trianto, 2008. Mendesain pembelajaran kontekstual. Jakarta: Cerdas pustaka publisher.
Yamin,Martinis.2005. Paradigma Pendidikan Konstruktivistik.Jakarta. GP Pres
Copyright (c) 2017 Arif Supriyadi, Milah Milah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.