Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan dan Hasil Belajar Menulis pada Peserta Didik

Application of the Constructivism Approach to Improve Learning Ability and Results Writing in Students

Authors

  • Arif Supriyadi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Milah Milah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i2.755

Keywords:

Konstruktivisme, Belajar, Kemampuan Menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas kemampuan dan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik menggunakan Pendekatan Konstruktivisme tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan berupa observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 1 Mandomai. Nilai aktivitas peserta didik pada siklus I mencapai angka 2,64 dalam kategori cukup baik dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 4 amat baik. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai nilai rata-rata 40 dalam keterangan tidak tuntas dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi nilai rata-rata 86,5 dalam keterangan tuntas. Pada siklus I ke siklus II meningkat 46,5 % atau sebesar 45%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Arif Supriyadi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Akhadiah, Subarti, dkk. 2004. Ketrampilan Menulis. Jakarta. Depdikbud.
Baharuddin&WahyuniNurEsa.2009. Teori Belajar dan Pembelajaran.Jogyakarta :Ar-Ruzz Media.
Djamrah. S.B. Zain Aswan, (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta :Rineka Cipta.
Hamalik, 2008.Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.
Harjanto. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayatullah, 2014.Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Pada SDN 3 Selat Hilir Kapuas.Skripsi.Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
Kiyati Djojosoroto & M.L.A Sumaryati.2014.Bahasa & Sastra.Bandung : Nuansa Cendekia
Kusumaningsih dewi,2013.Terampil Berbahasa Indonesia.Yogyakarta : AC.V.Andi OFFSET
Lestari, A., Afrom, I. 2013. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN WRITING WORKSHOP PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN-2 PETUK BUKIT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1):1-5.
Musaba, Zulkifli.2013. T erampil Menulis. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
Nur, Muhammad. 2013. Pendekatan Konstruktivisme. Surabaya:UNESA.
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa Dan Sastra. Surabaya: SIC.
Sosanto, Ahmad,2013. Teori Belajar & Pembelajaran.Jakarta. KENCANA.
Sigit,2013. Pembelajaran Konstruktivisme. Bandung : ALFABETA
Sanjana, Wina.2013. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ).Jakarta.KENCANA
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di SekolahDasar. Jakarta :Kencana
Sujarweni. V. Wiratna, (2014), Metodologi Penelitian. Yogyakarta :Pustaka Baru Press.
Trianto, 2008. Mendesain pembelajaran kontekstual. Jakarta: Cerdas pustaka publisher.
Yamin,Martinis.2005. Paradigma Pendidikan Konstruktivistik.Jakarta. GP Pres

Downloads

Published

2017-08-18

How to Cite

Supriyadi, A., & Milah, M. (2017). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan dan Hasil Belajar Menulis pada Peserta Didik: Application of the Constructivism Approach to Improve Learning Ability and Results Writing in Students. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 27–34. https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i2.755