Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Peserta Didik

Improvement of Mathematics Learning Outcomes Using Problem-Based Learning Models in Students

Authors

  • Aidin Najihi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Eka Novianti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i1.757

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan lembar observasi dan angket. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru, peserta didik, dan pengelolaan pembelajaran..Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada saat proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran berbaisis masalah pada peserta didik. Hal ini ditunjukan dari data pratindakan sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dimana ketuntasan belajar pra test sebesar 26%, kemudian pada post test I sebesar 52% masih belum mencapai 60%. Maka di lanjutkan pada siklus II dan hasilnya semua peserta didik telah mampu mencapai KKM 6.00, serta ketuntasan belajar post test II sebesar 100%. Berdasarkan data tersebut maka setelah dilakukan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 74% dari nilai awal ketuntasan belajar pra test sebesar 26%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Aidin Najihi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Fajar Shadiq, (2003).Penalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPG Matematika
Herman Hudojo, (2003).Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Jurusan Matematika FMIPA UNM
Heruman, (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Hollands, (1991).Kamus Matematika. Jakarta: Penerbit Erlangga
Koesmartono, & Rawuh, (2001).Matematika Pendahuluan. Bandung: ITB
Kunandar, ( 2010).Langkah Mudah Peneltian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Margono, (2009).Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Misyanto, M. (2016). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika. Anterior Jurnal, 15(2), 144-150.
Misyanto, M. (2015). Pengaruh Manajemen Kelas dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Anterior Jurnal, 14(2), 186-193.
Mohammad Asrori, (2008).Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: CV Wacana Prima
Mustofa Usman, dkk, (2009).Statistik. Bandung: PT Sinar Baru Algesindo
Riduwan, (2009).Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta
Safithry, E. A. (2015). Peran Bimbingan Dan Konseling Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas VII-8 SMPN 3 Palangkaraya Tahun Pelajaran 2014/2015. Anterior Jurnal, 14(2), 171–179.
Setyawan, D. (2014). Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal, 14(1), 51-58.
Sidiq, S.M., Setyawan, D. 2016. PENERAPAN METODE PERMAINAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TUTUP BOTOL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II MIS MIFTAHUL HUDA 1 PALANGKARAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1):26-30.
Sugiyono, (2007).Statistik untuk Penelitian. Bandung: PT Alfabeta
Suharsimi Arikunto, (2006).Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
Suharsimi Arikunto, dkk, (2009).Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT Bumi Aksara
Sulis Sutrisna, (2005). Aku Ingin Menjadi Ahli Matematika. Depok: Kawan Pustaka
Sumardiyono, (2007).Tips dalam Penerapan Pembelajaran Problem Solving.Yogyakarta: PPPPTK Matematika
Supinah, (2008).Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Berfikir Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Eksperimen pada Siswa SMP di daerah Istimewa
Yogyakarta.Yogyakarta: Laporan Desertasi
Supinah, & Titik Sutanti, (2010).Pembelajaran Berbasis Masalah di SD. Yogyakarta: PPPPTK Matematika
Tim, (2008).Buku Pedoman Penulisan Skripsi. Palangkaraya: Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Wulan Fitriyani, (2005).Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan Siswa Kelas IV SD Sekaran 01 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2004/2005 Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Semarang: Universitas

Downloads

Published

2017-02-18

How to Cite

Najihi, A., & Novianti, E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Peserta Didik: Improvement of Mathematics Learning Outcomes Using Problem-Based Learning Models in Students. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i1.757