Penggunaan Media Objek untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik

Use of Media Objects to Improve Students' Science Learning Outcomes

Authors

  • Miftahurrizqi Miftahurrizqi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Masroah Masroah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i1.758

Keywords:

Media, Objek, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penggunaan media objek dilihat dari hasil belajar peserta didik kelas V SDN-6 Langkai Palangkaraya Tahun Pelajaran 2012/2013 dan melihat apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media objek yang sebelumnya masih dibawah nilai ketuntasan minimal belajar (KKM). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi penelitian berjumlah 22 orang peserta didik yang sekaligus dijadikan sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan untuk menghitung keberhasilan belajar peserta didik menggunakan rumus persentase yaitu 100% dimana melihat peningkatan dari siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa : penggunaan media objek sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN-6 Langkai Palangkaraya Tahun Pelajaran 2012/2013. Hasil ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata setiap siklus semakin meningkat. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 77,27% dengan kategori baik tapi masih ada peserta didik yang belum tuntas dan akan dilanjutkan pada siklus II hasil belajar IPA peserta didik terlihat sangat meningkat dengan perolehan nilai rata-rata 86,81% pada kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Miftahurrizqi Miftahurrizqi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Anggoro,dkk,(2007),Media Penelitian,Jakarta: Universitas Terbuka.
Arfianto, F. (2015). Pengaruh Alat Peraga Tiga Dimensi Sistem Peredaran Darah Manusia terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Anterior Jurnal, 14(2), 180–185.
Arsyad,A.,(2003), Media Pembelajaran,Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Burhan,Bungin.,(2004),Metodologi Penelitian Kuantitatif,Jakarta: kencana.
Departemen Pendidikan Nasional,(2004),Kurikulum Standar Kompetensi,Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Dewiki & Yuniati,(2006), Ilmu Alamiah Dasar,Jakarta: Universitas Terbuka.
Hasbullah,(2006),Dasar-dasar Ilmu Pendidikan,Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hadeli,(2006), Metode Penelitian Kependidikan, Ciputat: Quantum Teaching
Hamalik,O.,(2006), Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: PT. Bumi Aksara
Haryanto,(2007), Sains untuk SD Kelas V,Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama
Iskandar,(2008),Metodologi Penelitian pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif), Jakarta: Gaung Persada Press (GP Press).
Jennah,Raudatul.,(2009),Media Pembelajaran, Banjarmasin: Antasari Press.
Kadir,(2010),Statistika Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta: PT. Rosemata Sampurna.
Masitah,(2012),Efektifitas Penggunaan Media Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta didik kelas IV SDN Telang Gemilang Kabupaten Barito Selatan Tahun Pelajaran 20011/2012. Palangkaraya: Universitas Muhammadiyah. Tidak dipublikasikan.
Margono,(2003),Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta Syamsudin Makmur Abin, (2003). Psikologi
Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Nasution,(2003), Metodologi Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara
Rahmaniati, R. (2015). Keterampilan Calon Guru SD Dalam Menerapkan Media Pembelajaran IPA Berbasis IT Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN–5 Panarung Palangka Raya. Anterior Jurnal, 15(1), 62-69.
Sardiman,Arief.,(2005),Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana,Nana & Rivai,Ahmad.,(2002), Media Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana,Nana.,(2006), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syamsudin,Makmur,A.,(2003),Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Setiawati,Rica.,(2011), Efektivitas Penggunaan Media Obyek Pada Pembelajaran SAINS Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas III SDN Tumbang Pariye Tahun Pelajaran 2010/2011. Palangkaraya: Universitas Muhammadiyah. Tidak dipublikasikan.
Simponi,(2010), Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik, Palangka Raya: Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Sukardi,(2003),Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono,(2009),Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono,(2006),Statistik Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta
Sardiman,Ari.,(2007),Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Suharhimi,Arikunto.,(2006), Dasar-Dasar Evaluasi Penelitian,Jakarta: PT. Bumi Aksara
Suharhimi,Arikunto,(2006),Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan,Jakarta: Bumi Aksara
Sudijono,Anas.,(2010),Pengantar Statistik Pendidikan,Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2017-02-18

How to Cite

Miftahurrizqi, M., & Masroah, M. (2017). Penggunaan Media Objek untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik: Use of Media Objects to Improve Students’ Science Learning Outcomes. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i1.758