Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Gambar dengan Media Konkret pada Pelajaran Geometri

Differences in Mathematics Learning Outcomes Using Image Media with Concrete Media in Geometry Lessons

Authors

  • Annisa Wulandari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Fery Rahmawati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i1.759

Keywords:

Matematika, Gambar, Media, Konkret, Geometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika yang pada pembelajarannya menggunakan media konkret dengan media gambar pada peserta didik kelas VI SDN 5 Pahandut Palangka Raya Tahun pelajaran 2012/2013. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument berupa tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VI SDN 5 Pahandut Palangkaraya, yang berjumlah 40 orang peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thit sebesar 2,17 sedangkan ttab pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,690. Dengan demikian thit lebih dari dibandingkan ttab yaitu 2,17 > 1,690, maka Ho ditolak. Jadi terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan media gambar dan media konkret peserta didik kelas VI SDN 5 Pahandut Palangkaraya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Annisa Wulandari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Azhar Arsyad, 2007, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Daryanto, (2011), Media Pembelajaran, Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Departeemen pendidikan Nasional, (2006), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar, Jakarata: Tim penyusun
Departemen Pendidikan Nasional, (2008), Kreatifitas Guru dalam pembelajaran, Jakarta: Balai pustaka
Dian Safarina (2013) Perbedaan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas V Sdn – 6 Langkai Palangka Raya Antara Yang Menggunakan Media Konkret Dengan Yang
Menggunakan Media Gambar Tahun Pelajaran 2012/2013, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Dimyati, Mudjiono, (2009), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta
Hamdani, (2011), Dasar-dasar Kependidikan, Bandung: Pustaka setia
Hamzah B Uno, (2010), Profesi Pendidikan, Jakarta: Sinar Grafika Offset
Kunandar, (2009), Guru Profesional, Jakarta: Rajawali Pers
Moh.Nazir, (2005), Metode penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia
Mukhtar & Martinis Yamin, (2007), 10 Kiat Sukses Mengajar di Kelas, Jakarta: PT Nimas Multima.
Nurul Zuriah, (2009), Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
Oemar Hamalik, (2009), Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Sinar Grafika Offset
Pupuh Fathurohman, Sobry Sutikno, (2007), Strategi Belajar Mengajar, Bandung: PT Refika aditama
Purwa Atmaja P, (2012), Psikologi pendidikan, Bandung: Ar Ruzz Media
Rodhatul Jennah, (2009), Media Pembelajaran, Banjarmasin: Antasari Press
Sardiman, Arief Dr, 2007, Media pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sri Rahayu (2009), Penerapan Media Konkret (nyata) dalam pembelajaran Matematika pada Peserta Didik Kelas IV di SDN-5 Palangka Raya, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Sri Ratu Kartini, (2012), Perbedaan hasil belajar IPA antara yang menggunakan media nyata dengan yang menggunakan media gambar peserta didik kelas V SDN-8 Menteng Palangka Raya, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Sri Winarti, (2010), Efektifitas Pembelajaran dengan Menggunakan Pendekatan Tematik pada peserta didik SDN 11 Langkai, Palangka Raya
Sudjana, N (2004), Dasar-dasar Belajar mengajar, Bandung: Sinar baru Algensindo
Sudjana,N & Ahmad Rivai, (2002), Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru algensindo
Sugiyono, 2006, Statistika Untuk Penelitian, Bandung: CV Alfabeta
Suharsimi Arikunto, (2006), Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta
Sukardi, 2009, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Sumadi Suryabrata, S, (2010), Metodologi Penelitian, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Suyono & Hariyanto, (2011), Belajar dan pembelajaran, Bandung : Remaja Rosdakarya
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, (2010), Strategi Belajar mengajar, Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2017-02-18

How to Cite

Wulandari, A., & Rahmawati, F. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Gambar dengan Media Konkret pada Pelajaran Geometri: Differences in Mathematics Learning Outcomes Using Image Media with Concrete Media in Geometry Lessons. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i1.759