Penggunaan Media Tiga Dimensi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

The Use of Three-Dimensional Media in Improving Student Learning Outcomes in Mathematics

Authors

  • Dedy Setyawan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Muhammad Fitriadi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i1.761

Keywords:

Media Tiga Dimensi, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar matematika kelas IV/B SDN-3 Kereng Bangkirai setelah menggunakan media tiga dimensi. Metode yang digunakan peneliti adalah menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi penelitian berjumlah 26 peserta didik yang sekaligus dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data didasarkan pada hasil siklus saat proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Penggunaan media tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas IV/B SDN-3 Kereng Bangkirai tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata setiap siklus semakin meningkat. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 66,06 dengan kriteria tingkat keberhasilan pembelajaran tercapai. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh 92,31 dengan kriteria tingkat keberhasilan pembelajaran sangat tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dedy Setyawan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Anom, (2006), Peningkatan Hasil Belajar SAINS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif, Skripsi Universitas Palangkaraya.
Aqib, Z., (2011), Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK, Bandung : CV. Yrama Widya.
Asrori, M., (2007), Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : CV. Wacana Prima.
Asnawir dan Usman, B., (2002), Media Pembelajaran, Jakarta : Ciputat Pers.
Daryanto, (2010), Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media.
Djamarah, S.B., (2011), Psikologi Belajar, Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Djamarah, S.B., dan Zain, A., (2010), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Frentino, (2012), Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Konkret Pada Pokok Bahasan Satuan-Satuan Waktu, Skripsi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Hamalik, O., (2011), Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT. Bumi Aksara.
Heruman, (2008), Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Jennah, R., (2009), Media Pembelajaran, Banjarmasin : Antasari Press.
Karso, dkk, (2007), Pendidikan Matematika I, Jakarta : Universitas Terbuka.
Kunandar, (2007), Guru Profesional, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Kunandar, (2011), Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Muhibbin Syah, (2011), Psikologi Belajar, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Novitasari, N., (2009), Efektivitas Media Playdough Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Gunung Berapi Dalam Mata Pelajaran IPA, Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia
Rachmawati, Y., dan Kurniati, E., (2005), Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini, Jakarta : Depdiknas.
Riduwan, (2007), Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan Dan Peneliti Pemula, Bandung : Alfabeta.
Santyasa, (2007), Metodelogi Penelitian Tindakan Kelas, Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Setianingsih, Y.L., (2011), Pengaruh Media Playdough Terhadap Kreativitas Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia.
Slameto, (2010), Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Sudjana, N., (2006), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N., dan Rivai, A., (2002), Media Pembelajaran, Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono, (2007), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, (2012), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, (2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto, (2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto, (2012), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Sukardi, (2005), Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Sukardi, (2012), Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Suryabrata, S., (2006), Metodologi Penelitian, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Yamin, M., (2008), Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta : Gaung Persada Press.

Downloads

Published

2017-02-18

How to Cite

Setyawan, D., & Fitriadi, M. (2017). Penggunaan Media Tiga Dimensi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik: The Use of Three-Dimensional Media in Improving Student Learning Outcomes in Mathematics. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 28–34. https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i1.761