Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Kombinasi Media Grafis Jenis Bagan dan Media Video

Efforts to Improve Science Learning Outcomes Using a Combination of Chart Types and Media Media Video Graphics

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v1i1.762

Keywords:

hasil belajar IPA dan media grafis jenis bagan dan media video

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar IPA peserta didik pada penggunaan kombinasi media grafis jenis bagan proses dan media video. (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA peserta didik menggunakan kombinasi media grafis jenis bagan proses dan media video. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 5 Pahandut Palangka Raya. Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan kombinasi media grafis jenis bagan proses dan media video, dan (2) ada peningkatan hasil belajar IPA peserta didik setelah menggunakan kombinasi media grafis jenis bagan proses dan media video, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 75,86 dengan kriteria keberhasilan cukup tercapai dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh 93,25 dengan kriteria tingkat keberhasilan pembelajaran sangat tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Bulkani Bulkani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Jennah, Rodhatul. 2009. Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembanagan Propesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grifindo Persada.
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.
Sadiman, Arief S. dkk. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2016-02-18

How to Cite

Bulkani, B., & Franatha, E. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Kombinasi Media Grafis Jenis Bagan dan Media Video: Efforts to Improve Science Learning Outcomes Using a Combination of Chart Types and Media Media Video Graphics. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.33084/bitnet.v1i1.762