Penggunaan Media Gambar Pecahan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Media Use of Fraction Images in Improving Mathematics Learning Outcomes

  • Orhan Orhan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Micke Norhayati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: media gambar pecahan dan hasil belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan aktivitas belajar matematika dengan penggunaan media gambar, dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan media gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Tanjung Jaringau tahun Ajaran 2014-2015. Teknik analisis data yang digunakan ada dua macam yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada peningkatan aktivitas belajar Matematika dengan menggunakan media gambar. (2) ada peningkatan hasil belajar Matematika dengan menggunakan media gambar, peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai rata-rata data awal yaitu 40 dengan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 19%. Siklus I hasil belajar yang diperoleh yaitu 55 dengan ketuntasan klasikal 69%. Siklus II hasil belajar yang diperoleh yaitu 68 dengan ketuntasan klasikal 94%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Orhan Orhan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembanagan Propesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grifindo Persada.
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group)
Sutikno, M. Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica
Published
2016-02-18
How to Cite
Orhan, O., & Norhayati, M. (2016). Penggunaan Media Gambar Pecahan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 16-20. https://doi.org/10.33084/bitnet.v1i1.765