Urgensi Perencanaan Dalam Meningkatkan Mutu PendidikanPesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah Divisi Tahfidz Al-Qur’an)

Authors

  • Khalid Ramdhani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yosep Histiady Sekolah Tinggi Agama Islam Al Falah Bandung

DOI:

https://doi.org/10.33084/jhm.v7i1.1595

Keywords:

Perencanaan, Mutu Pembelajaran, Pesantren

Abstract

Peningkatan mutu merupakan salah satu isu penting dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia khususnya pendidikan yang berbasis pesantren sebagai lembaga pendidikan tertua di Indonesia.Lembaga ini mampu mengurus seluruh kehidupan santri dimulai dari bangun tidur sampai mereka tidur kembali. Kurikulum pesantren berlaku selama dua puluh empat jam yang dijalankan oleh seluruh stakeholder, mulai dari pimpinan teratas hingga anggota pimpinan terbawah. Pendidikan pesantren merupakan pendidikan yang menjunjung tinggi nilai-nilai dan sunnah-sunnah (tradisi) pesantren. Dengan semangat peningkatan mutu pendidikan, Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah Divisi Tahfidz Al-Qur’an terus berjuang dan ikut andil dalam perkembangan pendidikan, khususnya di bidang al-Qur’an hal ini terbukti dengan lahirnya generasi baru dari para hufadz (penghafal al-Qur’an) yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia dan mampu bersaing ditingkat regional, nasional dan internasional.

Penelitian ini berangkat dari pemikiran Malayu S.P Siagian mengenai fungsi manajemen yaitu Planning, Organizing, Motivating, Controlling dan Evaluating untuk mencapai tujuan pesantren yang telah ditetapkan. Sebagai suatu proses, manajemen program yang baik sangat dibutuhkan di pesantren agar dapat mewujudkan kualitas program Tahfidz Al-Quran yang bermutu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi atau menyalin. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti ingin melakukan kajian lebih dalam mengenai  studi perencanaan dan peningkatan mutu pendidikan di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah Divisi Tahfizh Al-Qur’an dalam melahirkan para pengahapal Al-Qur’an (hafidz/hafidzah).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Khalid Ramdhani, Universitas Singaperbangsa Karawang

Yosep Histiady, Sekolah Tinggi Agama Islam Al Falah Bandung

References

Abdul Hadis dan Nurhayati B., 2010, Manajemen Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010.
Abu Ammar dan Abu Fatiah, 2015, Negeri-Negeri Penghafal Al-Qur’an, Sukoharjo: Al-Wafi
Ahsin W. Al-Hafidz, 1994, Bimbingan Praktis Menghafal Qur’an, Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Akmal Hawi, 2014, Dasar-Dasar Studi Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Amirudin Nahrawi, 2010, Pembaharuan pendidikan pesantren, Yogyakarta: Gama Media.
Arcaro,S Joremo, 2005, Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan, Jakarta: Riene Cipta.
Fattah, Nanang. 2013. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Cetakan Kedua. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hari Suderadjat, 2005, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah; Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK, Bandung: Cipta Lekas Garafika.
Hari Suderajat, 2005, Impelementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Pembaharuan Pendidikan dalam Undang-undang Sisdiknas 2003, Bandung:Cekas Grafika.
Imam Suprayogo, Quo Vadis Madrasah, Gagasan, Aksi, dan Solusi Pembangunan Madrasah (Yogyakarta: Hikayat, 2007), hlm. 55-56.
Jerome S. Arcaro, 2005, Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan,terj. Yosal Iriantara, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
John M. Echolis, Hasan Shadily, 1988, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta : Gramedia.
M. Dian Nafi‟, et.al. 2007, Praksis Pembelajaran Pesantren, Yogyakarta: Institute for Training and Development
M. Ngalim Purwanto, 2007, Ilmu Pendidikan, Teoretis dan Praktis, Jakarta : Remaja Karya.
M. Sukardjo dan Ukim Kamaruddin, 2009, Landasan Kependidikan, Konsep dan Aplikasinya Jakarta:Rajawali Pers.
M. Sulthon dan Moh. Khusnuridlo, 2006, Manajemen Pondok Pesantren dalam Perspektif Global, Yogyakarta: Laksbang.
Mahmud Yunus, 184, Kamus Arab Indonesia,Bandung : Al-Ma’arif.
Mutohar, Marokan. 2013. Manajemen Mutu Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Poewadarminta. W.J.S., 2003, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Publishing.
Ramdhani, M. T., Lastaria, L., & Ariyadi, A. (2019).Pembelajaran Ekonomi dalam Islam pada Materi Mudharabah di Pondok Pesantren. Anterior Jurnal, 19(1), 32-40.
Rusman, 2009, Manajemen Kurikulum, Jakarta: Raja Wali Pers.
Saefullah. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia
Sagala, Syaiful. 2009. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Cetakan Kelima. Bandung: Alfabeta.
Scribd/com/doc/2917072/ tgl. 19 November 2014
Sutisna, Oteng. 1989. Administrasi Pendidikan: Dasar Teoretis untuk Praktek Profesional. Cetakan Kelima. Bandung: Angkasa.
Tim Redaksi Sinar Grafika, Undanng-Undang Sisdiknas 2003, Jakarta : Sinar Grafika.
Zubaedi, 2007, Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pesantren, Kontribusi Fiqh Sosial Kyai Sahal Mahfudh dalam Perubahan Nilai-nilai Pesantren, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2020-06-02

How to Cite

Ramdhani, K., & Histiady, Y. (2020). Urgensi Perencanaan Dalam Meningkatkan Mutu PendidikanPesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah Divisi Tahfidz Al-Qur’an). Jurnal Hadratul Madaniyah, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.33084/jhm.v7i1.1595