Implementasi Akad Berpola Kerja Sama Dalam Produk Keuangan Di Bank Syariah (Kajian Mudharabah Dan Musyarakah Dalam Hukum Ekonomi Syariah)

Authors

  • Muhammad Syarif Hidayatullah UIN ANTASARI BANJARMASIN

DOI:

https://doi.org/10.33084/jhm.v7i1.1613

Keywords:

Mudharabah, Musyarakah, Produk Keuangan, Bank Syariah, Hukum Ekonomi Syariah

Abstract

Bank Syariah sebagai lembaga keuangan yang operasionalnya berdasarkan prinsip syariah, maka dalam sistem produk yang ditawarkan menggunakan akad-akad syariah. Dari beragamnya akad yang dapat diterapkan di bank syariah terdapat akad dengan pola kerja sama, selain pola jual-beli dan sewa-menyewa/upah mengupah yang menjadi landasan komersial bisnis. Akad pola kerja sama tersebut adalah mudharabah dan musyarakah. Penelitian ini bertujuan menganalisis akad pola kerja sama di bank syariah dalam perspektif hukum ekonomi syariah. Hasil pembahasan yakni operasional produk yang ditawarkan bank syariah dengan pola mudharabah terdapat pada produk pendanaan dan pembiayaan, sedangkan musyarakah terbatas pada pembiayaan. Implementasi akad mudharabah dan musyarakah di Bank Syariah dalam kajian hukum ekonomi syariah adalah boleh dilaksanakan dan memiliki legalitas atas dasar prisip syariah, sebab akad mudharabah dan musyarakah merupakan akad berpola kerja sama yang sesuai dengan tuntunan akad syariah dalam fikih muamalah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Syarif Hidayatullah, UIN ANTASARI BANJARMASIN

References

Al-Khasrujardi Ahmad bin Husain bin ‘Alî bin Mûsa (Abû Bakar al-Baihaqi). as-Sunan al-Kubrâ, Juz 6. Beirut: Dâr al-Kutuûb al-‘Ilmiyyah, 2003.
Al-Mishrî, Rafiq Yunus. Ribâ al-Qurûdh wa Adillah Tahrîmih. Damaskus: Dâr al-Maktabî, 2009.
Al-Mushlih, Abdullah., dan Shalah ash-Shawi. Fikih Ekonomi Keuangan Islam. Terj. Abu Umar Basyir. Jakarta: Darul Haq, 2004.
Al-Qazwaini, Ibnu Mâjah Abû ‘Abdullah bin Muhammad Yazîd. Sunan Ibnu Mâjah, Juz 2. Cairo: Dâr Ihyâ al-Kitâb al-‘Arabiyyah, t.t.
Al-Qaradhâwî, Yûsuf. Fawâ’id al-Bunûk hiya ar-Ribâ al-Harâm. Kairo: Dâr al-Shahwah, 1994.
An-Naisâbûrî, Abû ‘Abdullah Muhammad bin ‘Abdullah al-Hakim. Al-Mustadrak ‘Alâ ash-Shahîhain, Juz 2. Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiah, 1990.
Antonio, Muhammad Syafi’i. Bank Syariah: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani, 2015.
Ariyadi A. Bisnis Dalam Islam. Jurnal Hadratul Madaniyah. 2018 Jun 1;5(1):13-26.
Ascarya. Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: RajaGrafindo Persada. 2012.
As-Sijistânî, Abû Dâwud Sulaimân bin al-Asy'ats bin Ishâk al-Azdî. Sunan Abû Dâwud, Juz 3. Beirut: al-Maktabah al-‘Ashriyah, t.t.
At-Tamîmî, Muhammad bin Hibbân bin Ahmad bin Hibbân bin Mu’adz bin Ma’bad. Shahîh Ibnu Hibbân, Juz 11. Beirut: Muassasah ar-Risâlah, 1988.
Ath-Thabrânî, Abû al-Qâsim Sulaimân bin Ahmad al-Lakhmî. Al-Mu’jam Al-Ausath, Juz 1. Kairo: Dâr al-Haramain, t.t.
Az-Zuhailî, Wahbah. al-Fiqh al-Islâmî wa Adillatuh, Juz 4. Damaskus: Dâr al-Fikr, 1989.
Azhari, Fathurrahman. Qawaid Fiqhiyyah Muamalah. Banjarmasin: Lembaga Pengembangan Kualitas Ummat, 2014.
Djazuli, A. Kaidah-kaidah Fikih. Jakarta: Kencana, 2010.
Janwari, Yadi. Lembaga Keuangan Syariah. Bandung: Rosdakarya. 2015.
Karim, Adiwarman A. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: RajaGrafindo, 2007.
Suhendi, Hendi. Fiqih Muamalah. Jakarta: RajaGrafindo Persada. 2014.

Downloads

Published

2020-06-03

How to Cite

Hidayatullah, M. S. (2020). Implementasi Akad Berpola Kerja Sama Dalam Produk Keuangan Di Bank Syariah (Kajian Mudharabah Dan Musyarakah Dalam Hukum Ekonomi Syariah). Jurnal Hadratul Madaniyah, 7(1), 34–41. https://doi.org/10.33084/jhm.v7i1.1613