" MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR PAI MATERI IBADAH PUASA RAMADHAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 1 SUNGAI KAPITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020"

Authors

  • Muhamammad Junaidi SDN 1 Sungai Kapitan

DOI:

https://doi.org/10.33084/jhm.v7i2.1997

Keywords:

Aktifitas, Belajar PAI, Materi ibadah ramadhan

Abstract

Mengajarkan puasa kepada anak mungkin susah-susah gampang, kadang ada anak yang ingin sekali puasa bersama anggota keluarga lainnya. Ada pula yang tidak ingin, salah satu materi yang di pelajari di kelas V adalah ibadah puasa ramadhan, puasa ramadhan menurut syariat Islam adalah suatu amalan ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari segala sesuatu seperti makan, minum, perbuatan buruk maupun dari yang membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari yang disertai dengan niat karena Allah SWT, dengan syarat dan rukun tertentu. Jadi melaksanakan puasa Ramadhan adalah wajib hukumnya, di mana hal tersebut adalah bentuk pertanggungjawaban manusia kepada penciptanya secara langsung serta kegiatan yang menyangkut hablum minallah. Bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan bagi setiap hamba Allah untuk lebih meningkatkan ketakwaan, dikarenakan bulan ini memiliki beberapa keutamaan atau manfaat. Selanjutnya guru melakukan wawancara terhadap beberapa siswa, yang hasilnya adalah siswa jenuh dan merasa bosan dengan pembelajaran di kelas. Dari hasil wawancara itulah, guru berinisiatif menggunakan model pembelajaran yang tidak biasa di pakai di kelas, yakni menggunakan pembelajaran kooperatif berbantuan media gambar. Metode pembelajaran kooperatif merupakan metode pembelajaran dengan kelompok kecil siswa dan membangun kondisi belajar yang kondusif. Sedangkan media gambar adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual kedalam bentuk dua dimensi sebagai curahan ataupun pikiran yang bentuknya bermacam-macam seperti lukisan, potret, slide, film, strip, opaque projektor. "Meningkatkan Aktifitas belajar PAI Materi Ibadah Puasa Ramadhan Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Gambar Pada Peserta Didik Kelas V di SDN 1 Sungai Kapitan Tahun Pelajaran 2019/2020"

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhamammad Junaidi, SDN 1 Sungai Kapitan

References

Suprijono, Agus. 2006 . Cooperative Learning ( Teori & Aplikasi PAIKEM).
Drs. Sugiyanto. Modul PLPG
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Bandung : Balai Pustaka, 1990
http://guruPAI.wordpress.com/category/pembelajaran/page/3/tanggal 13 juni 2015 Imam Nawawi, Terjemah Riyadhus Shalihin, Jakarta: Pustaka Amani,1999
Iqbal Hasan, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara, 2004
Muhammad Ali, Strategi Penelitian Pendidikan Statistik Bandung, Bumi Aksara, 1993
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2002
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Remaja Rosda Karya, 2005
Hamalik Oemar, Pengertian Media Gambar, http://ian.wordpress. Compentingnya media-prestasi-dalam-belajar, dalam 2014
Rahadi, Aristo. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Dikjen Dikti Depdikbud.
Arief S. Sadiman, dkk, Media Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Press, 2010), h. 17-18
Syaiful Bahri, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013) hal 128-130
R. Angkowo Kosasih, Optimalisasi Media Pembelajaran, (Jakarta: Grasindo, 2007)
Ramdhani, Muhammad Tri. "Manajemen Pengembangan Kurikulum 2013 Berbasis Komputer di SMPN 6 Palangka Raya." Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi 1.1 (2018): 11-19.

Downloads

Published

2020-12-11

How to Cite

Junaidi, M. (2020). " MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR PAI MATERI IBADAH PUASA RAMADHAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 1 SUNGAI KAPITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020". Jurnal Hadratul Madaniyah, 7(2), 61–69. https://doi.org/10.33084/jhm.v7i2.1997