PENGGUNAAN MEDIA ONLINE SEBAGAI SARANA PROMOSI PEDAGANG KAIN TRADISIONAL DI KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Mariya Ulfah Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • muslimah muslimah Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • abdul Helim Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jhm.v8i2.3078

Keywords:

penggunaan, media, online, promosi, pedagang, kain tradisional

Abstract

Perdagangan dalam era globalisasi yang di iringi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih, diantaranya penyebaran informasi serta akses komunikasi melalui media sosial begitu cepat dan efisien. Hal tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung berdampak terhadap perdagangan, termasuk perdagangan kain tradisional di kota Palangka Raya. Baik itu berdampak positif maupun dampak negatif, dampaknya pun tidak terbatas pada kalangan pedagang kain tradisional saja, namun telah meluas ke seluruh lapisan masyarakat. Penelitian ini dilakukan pada pedagang kain tradisional di palangkaraya kalimantan Tengah, Pada observasi awal  terdapat beberapa temuan yang menarik tentang pedagang kain tradisional ini, antara lain para pedagang ini dalam hal pendidikan ada beberapa yang hanya lulusan Sekolah Dasar (SD) serta ada juga yang tidak lulus Sekolah SD, ada juga beberapa orang yang masih belum lancar membaca bahkan tidak bisa membaca. Akan tetapi dengan keterbatasan mereka tersebut, mereka mampu menggunakan media online, bahkan mampu menggunakan media online sebagai sarana promosi, dan menghasilkan pundi-pundi rupiah melalui media online terebut.

Penelitian ini termasuk penelitian yang menggunakan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dialkukan penulis, maka dapat disimpulkan hasil penelitian sebagai berikut : 1. Bahwa cara yang digunakan pedagang menggunakan media online dalam mempromosikan barang dagangan bahan Kain Tradisional terkhusus di pasar besar Kota Palangka Raya yaitu melakukam cara jual beli di mana penjual dan pembelinya tidak harus bertemu untuk melakukan negosiasi dan transaksi. Kegiatan jual beli online di dalam forum internet, khususnya forum jual beli online seperti Facebook, Instagram Whattsapdan lain-lain. 2. Menggunakan media online dalam mempromosikan barang dagangannya di Kota Palangka Raya bagi para pedagang kain tradisional sangatlah membantu dan transaksi jual beli online juga memiliki dampak positif karena dianggap praktis cepat dan mudah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mariya Ulfah, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

muslimah muslimah, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

abdul Helim, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

References

Ahmad Tanzeh, Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Teras, 2009.
Apriliana, E. S., & Ariyadi, A. (2020). Kenaikan Harga Ayam Pada Masa Covid-19 di Kota Palangkaraya (Analisis Pemikiran Ibnu Taimiyah tentang Regulasi Harga). Jurnal Hadratul Madaniyah, 7(1), 15-19.
Ariyadi, A. (2017). Metodologi Istinbath Hukum Prof. Dr. Wahbah Az Zuhaili. Jurnal Hadratul Madaniyah, 4(1), 32-39.
Ariyadi, A. (2018). Bisnis Dalam Islam. Jurnal Hadratul Madaniyah, 5(1), 13-26.
Ariyadi, A. (2018). Nilai-Nilai Qurani dan Sunnah Nabi dalam Praktik Jual Beli Pada Pasar Terapung di Kalimantan Selatan. Anterior Jurnal, 17(2), 115-124.
Ariyadi, A. (2019). Sosial Media Sarana Promosi Pada Pedagang Pakaian Di Pasar Sudimampir Banjarmasin. Jurnal Transformatif (Islamic Studies), 3(1), 117-130.
Blanchard, Olivier. Sosial Media Roi. Jakarta: Pt. Elex Media Komputindo. 2015.
Kaltengpos. Menuju prokalteng. Palangka Raya. Kaltengpos. 2020.
Keegan, Warren J. Manajemen Pemasaran Global. Jakarta: Prenhallindo. 1996.
Kuncoro, Aryo, Et Al. Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek Dan Loyalitas Merek Terhadap Nilai Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Produk Aqua 600ml Di Indomaret Jl. Raya Candi V Malang). Diss. Brawijaya University, 2017.
Lexy. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991.
Nawawi Hadari, Instrumen Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1992.
Rahardja, Edy, And Arnie Kusumawardhani."Profil, Wanita Pedagang Pasar Tradisional: Tinjauan Kepribadian Dan Perilaku Kewirausahaan (Studi-Deskripsi Peran Wanita Di Pedesaan Kambupaten Klaten, Jawa Tengah)." (2001).
Pemerintah Republik Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. 2010.
Sanapiah Faisal, Format-Format Penelitian Sosial, Jakarta: Raja Grafindo, 2007.
Yukti, R. H., Supriadi, A., & Ariyadi, A. (2020, December). The Role of the Islamic Economic System in Tackling Global Economic Recession in the COVID-19 Era. In ICIC 2020: Proceedings of the 1st International Conference on Islamic Civilization, ICIC 2020, 27th August 2020, Semarang, Indonesia (p. 411). European Alliance for Innovation.
Wawancara Dengan Pedagang Kain Tradisional, 02 Juli 2019.

Downloads

Published

2021-12-02

How to Cite

Ulfah, M., muslimah, muslimah, & Helim, abdul. (2021). PENGGUNAAN MEDIA ONLINE SEBAGAI SARANA PROMOSI PEDAGANG KAIN TRADISIONAL DI KOTA PALANGKA RAYA. Jurnal Hadratul Madaniyah, 8(2), 21–32. https://doi.org/10.33084/jhm.v8i2.3078

Most read articles by the same author(s)