Problematika Guru Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pendidikan Inklusi

  • Lastaria Lastaria Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Istiqlaliyah Istiqlaliyah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: problematika guru, pembelajaran matematika, pendidikan inklusi, diskalkulia

Abstract

Penelitian ini menitik beratkan pada problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran matematika pada pendidikan inklusi anak diskalkulia, serta cara guru dalam mengatasinya. Selain itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran matematika pada pendidikan inklusi anak diskalkulia?, 2) bagaimana cara guru mengatasi problematika dalam pembelajaran matematika pada pendidikan inklusi anak diskalkulia? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru matematika dan guru anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pendukung dalam pengumpulan data penelitian. Selanjutnya data diabsahkan dengan triangulasi dan dianalisis dengan tiga tahap, yaitu data reduksi, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian 1) problematika yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran matematika pada pendidikan inklusi anak diskalkulia adalah kurang mampu menepatkan metode pembelajaran untuk anak diskalkulia dikarenakan perbedaan latar pendidikan guru dan siswa yang tangani (kurang mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah terkait kebutuhan anak-anak ABK yang ada di sekolahan umum sehingga menjadi problem bagi guru yang bidang keilmuannya berbeda dengan pendidikan ABK), kurangnya minat, interaksi, kemampuan anak diskalkulia, menganggap pelajaran matematika itu cukup sulit, jenuh, dan membosankan, pelajaran matematika diajarkan di siang hari, dan keterbatasan alokasi waktu (LW dan N), 2)

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Lastaria Lastaria, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Istiqlaliyah Istiqlaliyah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abdurrhaman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah, Ali., dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.
Ilahi,Mohammad Takdir. 2013. Pendidikan Inklusif Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mudjito., Harizal., dan Elfindri. 2012. Pendidikan Inklusif. Jakarta: Baduose Media Jakarta.
Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sidiarto, Lily Djokosetio. 2007. Perkembangan Otak dan Kesulitan Belajar pada Anak. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
Suprihatiningrum, Jamil. 2016.Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir Al-Qur’an.1971. Al Qur’an dan Terjemahnya.
Published
2019-07-29
How to Cite
Lastaria, L., & Istiqlaliyah, I. (2019). Problematika Guru Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pendidikan Inklusi. Jurnal Hadratul Madaniyah, 6(1), 10-23. https://doi.org/10.33084/jhm.v6i1.878

Most read articles by the same author(s)