Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Budaya Kalimantan Tengah Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar

  • Norhayati Norhayati STMIK Palangkaraya
  • Susi Hendartie STMIK Palangkaraya
Keywords: Media belajar interaktif, efektifitas, minat belajar, budaya Kalimantan Tengah

Abstract

Penggunaan media pembelajaran interaktif untuk mendukung kegiatan belajar mengajar telah marak dilakukan oleh para praktisi dibidang pendidikan. Hal ini juga terjadi pada sekolah-sekolah yang ada di provinsi Kalimantan Tengah. Media pembelajaran interaktif dipandang mampu untuk menarik dan meningkatkan minat peserta didik untuk mempelajari bidang mata pelajaran tertentu, tidak terkecuali pada mata pelajaran seni dan budaya. Ragam budaya yang ada di provinsi Kalimantan Tengah menjadi hal yang menarik untuk digunakan sebagai bahan media pembelajaran, baik dari segi audio maupun visual. Untuk mempermudah para peserta didik dalam mengenal dan memahami ragam budaya yang ada maka sebelumnya telah dibuat aplikasi media pembelajaran interaktif. Berkaitan dengan telah adanya media pembelajaran tersebut, maka penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut keefektifan penggunaan media tersebut pada kegiatan belajar dan mengajar. Dalam menguji hal tersebut, maka peserta belajar dibagi menjadi dua kelompok, dimana kelompok ini dibagi berdasarkan kelasnya masing-masing, kelas A dan kelas B. Kelas A diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran konvensioal, teks dan gambar, sedangkan kelas B diajarkan menggunakan media pembelajaran interaktif, yang memiliki gambar bergerak dan suara.

Hasil penelitian membuktikan bahwa para peserta didik yang diajarkan menggunakan media pembelajaran interaktif memperoleh nilai evaluasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan perseta didik yang diajarkan secara konvensional. Selain itu minat belajar yang lebih tinggi juga ditunjukkan oleh para peserta didik yang mendapat perlakukan berbeda. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat ditarik keimpulan bahwa efektifitas penggunaan media pembelajaran interaktif terbukti memberi pengaruh positif terhadap minat dan hasil belajar peserta didik dalam memahami budaya Kalimantan Tengah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Norhayati Norhayati, STMIK Palangkaraya

STMIK Palangkaraya

Program Studi Sistem Informasi

Susi Hendartie, STMIK Palangkaraya

STMIK Palangkaraya

Program Studi Sistem Informasi

References

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Ali, Muhammad. 1982. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Angkasa. Bandung. 215 Halaman
Dimyati Dan Mudjiono. 1999. Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara.
https://disbudpar.kalteng.go.id/
Norhayati dan Rosmiati. 2019. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Bahasa Inggris pada Anak Di Desa Petuk Ketimpun Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi. Vol 1 Issue 2 e-ISSN 2655-7460. https://doi.org/10.33084/jsakti.v1i2.872.
Qamaruzzaman, M. H., Prasetya, T., Islamova, S, A., 2018. Sistem Informasi Berbasis Mobile Benda-Benda Tradisional Pada Museum Balanga Palangkaraya. Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi. Vol 1 Issue 1 e-ISSN 2655-7460.
https://doi.org/10.33084/jsakti.v1i1.455.
Sam’ani. Annisa, S., Heri., 2018. Rancang Bangun Aplikasi Pengawasan Dan Pengendalian Komputer Laboratorium Multimedia STMIK Palangkaraya. Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi. Vol 1 Issue 1 e-ISSN 2655-7460.
https://doi.org/10.33084/jsakti.v1i1.548.
Slameto. 2013. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Pt Rineka Cipta.
Sudjana, Nana, dan Ibrahim, 1989, Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Bandung: Sinar Baru
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses\Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana. 2010. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.
Sudjana. 2001. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah Production.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta
Published
2019-11-04
How to Cite
Norhayati, N., & Hendartie, S. (2019). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Budaya Kalimantan Tengah Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 2(1), 24-28. https://doi.org/10.33084/jsakti.v2i1.1160