Pemodelan Sistem Informasi Pendataan Warga Dan Biaya Operasional Lingkungan Pada Komplek Perumahan Harmoni Park Berbasis Zachman Framework

  • Kristina Kristina Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Dharma
Keywords: Sistem Informasi, Pendataan Warga, Biaya Operasional, Pengelolaan Iuran, Zachman Framework

Abstract

Jumlah warga dan jumlah iuran yang banyak harus dikelola dengan sistematis sehingga setiap transaksi bisa terdata dengan baik serta mudah diakses. Jumlah warga yang banyakdikelompokkan dengan istilah Rukun Tetangga (RT). Setiap RT akan dikepala oleh seorang kepala RT. Kepala RT harus memiliki sebuah sistem yang jelas dalam mendata warga dan iuran yang dikelola sehingga mampu memberikan pertanggungjawaban yang jelas kepada warga itu sendiri. Rukun Tetangga (RT) merupakan tingkat pemerintahan yang paling bawah dalam struktur pemerintahan. Kompleks Harmoni Park memiliki warga sebanyak 240  KK (kepala keluarga). Selain itu Kompleks Harmoni Park memiliki unit pengolahan air mandiri karena PDAM belum sampai pada kompleks  tersebut. Dalam mengelola air, Kompleks Harmoni Park memiliki mesin khusus dan tim khusus untuk merawat mesin tersebut.

Selama masa pengolahan air mandiri tersebut, maka biaya pemakaian, biaya, biaya perawatan dan biaya operasional tim dibebankan kepada penghuni kompleks. Peendataan warga dan pengelolaan iuran masih dilakukan secara konvensional atau manual sehingga pendataan warga dan pengelolaan iuran warga mempunyai banyak kekurangan seperti kesalahan pencatatan, proses pencarian data yang lama maupun dalam proses pembuatan laporan. Masalah ini menjadi dasar dibutuhkan suatu sistem pengarsipan yang baik serta aplikasi yang dapat membantu para pengurus RT setempat.

                Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi dan wawancara ntuk menunjang perancangan aplikasi pendataan warga dan biaya operasional komplek perumahan Harmoni Park. Adapun alat yang digunakan dalam pemodelan sistem informasi adalah Zachman Framework.. Tujuan dari perancangan aplikasi pendataan warga dan biaya operasional adalah untuk menghasilkan sebuah sistem informasi pengelolaan data warga dan biaya operasional yang lebih cepat, efektif, efisien dan transparan pada Komplek Perumahan Harmoni Park.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Kristina Kristina, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Dharma

References

William Chang. (2017).Metodologi Penulisan Ilmiah. Penerbit Erlangga, Jakarta
Anggraeni, ElisabetYunaetidan Rita Irviani. (2017). PengantarSistemInformasi. CV Andi Offset. Yogyakarta.
Yakub. (2012). PengantarSistemInformasi. GrahaIlmu. Yogyakarta.
Hutahaen, Jeperson. (2014). Konsep Sistem Informasi. Deepublish. Yogyakarta.
Tohari, hanim. (2014). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Melalui Pendekatan UML. Andi. Yogyakarta.
Sutabri, tata. (2012). Analisis Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.
http://12650081-si.blogspot.com/2014/04/artikel-zachman-framework.html
Djahir, Yulia. (2014). Bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen. Deepublish. Yogyakarta.
Mulyani, Sri. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Abdi Sistematika. Bandung
Departemen Pendidikan Nasional( 2008) Kamus Besar BahasaIndonesia Pusat Bahasa EdisiKeempat. Jakarta: GramediaPustaka Utama.
Published
2019-11-13
How to Cite
Kristina, K. (2019). Pemodelan Sistem Informasi Pendataan Warga Dan Biaya Operasional Lingkungan Pada Komplek Perumahan Harmoni Park Berbasis Zachman Framework. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 2(1), 55-62. https://doi.org/10.33084/jsakti.v2i1.1205