Sistem Informasi Pada Sman 1 Kahayan Hilir Pulang Pisau Menggunakan Framework Codeigniter

Authors

  • Rosmiati Rosmiati STMIK Palangkaraya
  • M. Haris Qamaruzzaman Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsakti.v2i2.1477

Keywords:

Sistem Informasi, SMAN 1 Kahayan Hilir Pulang Pisau, Website

Abstract

Sekolah adalah tempat pendidikan dimana siswa dan guru melakukan kegiatan belajar mengajar. SMAN 1 Kahayan Hilir Pulang Pisau dapat memberikan informasi sekolahnya kepada orang yang membutuhkan informasi khususnya orang tua siswa. Informasi sekolah yang diperoleh orang tua siswa dan masyarakat umum dengan mendatangi secara langsung ke sekolah atau orang tua siswa menanyakan informasi kepada siswa yang bersekolah pada sekolah yang dimaksud. Sehingga terbatasnya informasi dan komunikasi, khususnya antara sekolah dan orang tua siswa. Untuk membantu memudahkan siswa, orang tua dan masyarakat umum dalam kebutuhan informasi, misalnya berita terbaru yang dikeluarkan oleh pihak sekolah dan pendaftaran online. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dan metode pengumpulan data (observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka), menerapkan metode Agile Software Development dengan menggunakan pendekatan pengembangan perangkat lunak Extreme Programming (XP) dan metode pengujian perangkat lunak menggunakan black box testing. Framework codeigniter mempercepat proses pembuatan website SMAN 1 Kahayan Hilir Pulang Pisau, karena semua class dan modul yang dibutuhkan sudah ada di dalam framework codeigniter. Hasil penelitian ini adalah sebuah aplikasi website secara online yang mempermudah pihak sekolah dalam memberikan informasi kepada pengguna (siswa, orang tua siswa serta masyarakat umum), karena dapat diakses dimana dan kapan saja oleh pengguna dengan menggunakan media komputer, laptop atau smartphone yang tentunya harus selalu terkoneksi dengan jaringan internet. Sehingga pengguna dapat dengan mudah mengetahui infomasi-informasi yang kurang jelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rosmiati Rosmiati, STMIK Palangkaraya

M. Haris Qamaruzzaman, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Aditya, N. A. 2011. Jago PHP & MySQL, Dunia Komputer, Bekasi.
Arief, M. R. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP Dan Mysql, Andi, Yogyakarta.
Barokah, Muhammad. 2012. Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Web pada SMK Yapemda 1 sebagai Sarana Pembelajaran dan Informasi, STMIK AMIKOM Yogyakarta.
Guritno, Suryo, Sudaryono dan Untung Rahrdja. 2010. Theory and application of IT Research Metodologi penelitian teknologi informasi. Andi Offset. Yogyakarta.
Hidayat, Rahmat 2010. Cara Praktis Membangun Website Gratis. Jakarta : PT Elex MediaKomputindo.
Nugroho, Adi. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Dengan Metode USDP (Unified Software Development Process). Andi Offset. Yogyakarta.
Sam’ani. Annisa, S., Heri., 2018. Rancang Bangun Aplikasi Pengawasan Dan Pengendalian Komputer Laboratorium Multimedia STMIK Palangkaraya. Jurnal Sains Komputer dan Teknologi Informasi. Vol 1 Issue 1 e-ISSN 2655-7460. https://doi.org/10.33084/jsakti.v1i1.548
Siahaan, Daniel. 2012. Analisis Kebutuhan Dalam Rekayasa Perangkat Lunak. Andi Offset. Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-05-11

How to Cite

Rosmiati, R., & Qamaruzzaman, M. H. (2020). Sistem Informasi Pada Sman 1 Kahayan Hilir Pulang Pisau Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 2(2), 22–26. https://doi.org/10.33084/jsakti.v2i2.1477

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>