Pemodelan Basis Data Dengan Pendekatan Model Data Berorientasi Objek Pada Native Apps Lokasi Tempat Ibadah Di Kota Palangka Raya

Authors

  • Rio Irawan Intitut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Rommi Kaestria STMIK Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsakti.v2i2.1479

Keywords:

Pemodelan Basis Data, Model Data Berorientasi Objek, Native Apps

Abstract

Pemodelan basis dengan pendekatan model data berorientasi objek dibuat untuk menghasilkan sebuah desain basis data beroritentasi objek dalam pengembagnan native apps lokasi tempat ibadah di Kota Palangka Raya. Perkembagnan native apps yang begitu pesat baik pada platform android ataupun iOS akan memberikan tantangan tersendiri bagi pengembang untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang mendekati atau semaksimal mungkin sesuai dengan kondisi real. Dengan model data berorientasi objek ini, mempermudah dala melakukan analisis permasalahan sebab akan analogikan menjadi sebuah objek, kemudian objek tersebut akan dibuat yang mempunyai sifat atau ciri khas yang berbeda antar kelas. Pemodelan model data berorientasi objek menggunakan Unified Modelling Language (UML) dengan menggunakan Class Diagram. Hasil dari penelitian ini berupa desain pemodelan basis data agar mempermudah pengembang aplikasi pada saat pengembangan native apps yang umumnya dikembangkan dengan permograman beroritenasi objek.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rio Irawan, Intitut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Rommi Kaestria, STMIK Palangkaraya

References

Irawan, Rio. “Implementasi Location Based Services (lbs) Kantor Pemerintahan Kota (studi Kasus : Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia)”, FAHMA Journal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 14, no. 2, 2016, pp. 35-56.
Wulandari, Fera Tri. "Pemodelan Basis Data Akademik Universitas XYZ Menggunakan Pendekatan Objek". JITU : Journal Informatic Technology And Communication, vol. 3, no. 1, 2019, pp. 52-57.
Umar, Rusydi, dkk, “Perancangan Databae Point of Sales Apotek Dengan Menerapkan Model Data Relasional”. Query: Jurnal Sistem Informasi, vol. 03. no. 2, 2019, pp. 33-41.
Yanto, Robi, 2016. “Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL”. Yogyakarta: Deepublish.
Hariyanto, B., 2004, “Sistem Manajemen Basisdata”. Bandung: Informatika.
Rodger, Richard, 2011. “Beginning Mobile Application Development in the Cloud”. New Jersey, United States: Wiley.
Pernama, Yana. 2016, “Ini Dia Perbedaan Aplikasi Native, Hybrid atau Web”. https://www.codepolitan.com/apa-bedanya-aplikasi-native-hybrid-dan-web, on 3 April 2020.
Mulyani, Sri. 2016. “Metode Analisis dan Perancangan Sistem”. Bandung: Abdi Sistematika

Downloads

Published

2020-05-10

How to Cite

Irawan, R., & Kaestria, R. (2020). Pemodelan Basis Data Dengan Pendekatan Model Data Berorientasi Objek Pada Native Apps Lokasi Tempat Ibadah Di Kota Palangka Raya. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 2(2), 36–43. https://doi.org/10.33084/jsakti.v2i2.1479