Perancangan Media Pembelajaran Mengenal Lingkungan Sekitar Dalam Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Adobe Macromedia Flash

  • Sherly Jayanti STMIK Palangkaraya
  • Norhayati Norhayati STMIK Palangkaraya
Keywords: Perancangan, Media, Pembelajaran, PAUD, Waterfall, Macromedia Flash

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran dengan tema alam sekitar dalam bahasa Inggris pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan menggunakan Adobe Macromedia Flash, agar bisa menjadi acuan pada pengembangan ke tahap pembuatan aplikasi media ajar selanjutnya yang bisa lebih bervariasi dalam teknik pengajaran.

Pemodelan yang digunakan dalam pembuatan penelitian yaitu menggunakan model Waterfall yang terdiri dari beberapa tahapan meliputi : tahap analisis, tahap perancangan, tahap kode program dan tahap pengujian sistem. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi (pengamatan) dan metode kepustakaan.

Hasil penelitian yang telah dilakukan merupakan blue print (rancangan) media belajar bahasa Inggris dengan tema alam sekitar berupa diagram Use Case, Activity Diagram, Sequence Diagram, dan rancangan tampilan antarmuka (interface) pengguna. Pengumpulan data dengan melakukan pengamatan dan studi literatur yang didapatkan dari berbagai sumber, sehingga pembuatan perancangan media pembelajaran mengenal lingkungan sekitar dalam bahasa Inggris untuk usia dini dapat terlaksana dengan baik. Rencana tahap berikutnya dari penelitian ini adalah pembuatan dan implementasi Media Pembelajaran agar bisa diterapkan pada sasaran pengguna yaitu media pembelajaran anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Norhayati Norhayati, STMIK Palangkaraya

References

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Cetakan ke-2. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. 2012. Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fathansyah. 2012. Basis Data. Bandung : Informatika Bandung.
F. Ada Adi. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multimedia Dengan Menggunakan Adobe Flash Cs6 Pada Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Hessa Air Genting. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi. Vol 2 No. 1. 15-20.
Hariana, E., Guardian Yoki Sanjaya, Annisa Ristya Rahmanti, Berti Murtiningsih, dan Eko Nugroho. 2013. Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Di DIY. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia. Hal. 428-343
Hurlock, Elizabeth. 2003. Psikologi Perkembangan. Edisi keenam. Jakarta: Erlangga.
Jogiyanto, H. 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi IV. Jogyakarta: ANDI
Kendall, K.E. dan Julie, E.K., 2011, Systems Analysis and Design, Prentice Hall, New Jersey
Khodareza & Komachali, E. (2012). The Effect of Using Vocabulary Flashcard on Iranian on Iranian Pre-University Students’ Vocabulary Knowledge. Canadian Center of Science and Education Journal, 5 (3): 134-147.

Mahedy, K. (2012). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Ipa Mahaanak Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Prosiding APTEKINDO, 6(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/APTEKINDO/article/view/70/64

M. Gina, J. Asahar, dkk. (2014). Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Konsep Gaya Pada Mata Pelajaran Fisika Smp Kelas VIII. Jurnal Rekursif, Vol. 2 No. 2, 112-120. Retrieved from:
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/article/view/312/272
N. Nurcikawati, dkk. (2018). Rancang Bangun Media Pembelajaran Trigonometri Berbasis Multimedia Interkatif. Jurnal LP3M Universitas Sarjanawijaya Tamansiswa Yogyakarta. Vol.4 No. 2. 114-121.

Purwanto, M. Ngalim. 1988. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remadja Karya CV
R. Rahmat & Irfan, D. (2019). Rancang Bangun Media Pemebelajaran Interaktif Komputer dan Jaringan Dasar di SMK. Jurnal Vocational Teknik Elektro Dan Informatika, Vol. 7 No. 1, 48-53. Retrieved from:
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/103642/101428

Santoso, Insap. 2009. Interaksi Manusia dan Komputer. Yogyakarta : Andi Offset
Sardiman, A.M. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta Grafindo Persada.
Sitompul, E. (2014). Teaching Vocabulary Using Flashcards and Word List. Journal of English and Education, 1(1), 52-58. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/L-E/article/view/325/214
Slameto. 2003. Belajar dan Faktorfaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Winkel. 2004. Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar, Jakarta: Gramedia
Published
2020-11-14
How to Cite
Jayanti, S., & Norhayati, N. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Mengenal Lingkungan Sekitar Dalam Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Adobe Macromedia Flash. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(1), 30-40. https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i1.1716