Penentuan Titik Lokasi Baru Pelayanan Kesehatan Bagi Penyandang Disabilitas Di Kota Banjarmasin Menggunakan Metode AHP dan GIS

Authors

  • Johan Wahyudi STMIK Indonesia Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i1.1757

Keywords:

Disabilitas, Analytical Hierarchy Process, pelayanan kesehatan

Abstract

Konsep Smart City yang diasung oleh pemerintah Kota Banjarmasin bertujuan agar memudahkan masyarakatnya untuk merasakan layanan serta fasilitasnya dalam melakukan pengembangan kemajuan pengetahuan dan teknologi untuk melayani kepentingan publik. Namun, beberapa layanan serta fasiltas umum yang salah satunya adalah pelayanan kesehatan masyarakat (puskesmas) sebagian besar masih belum ramah untuk para penyandang disabilitas. Dalam implemantasinya digunakanlah sistem informasi geografis sebagai wadah informasi persebaran puskesmas secara spasial, serta metode AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk melakukan pengambilan keputusan dalam menentukan lokasi mana yang membutuhkan pembangunan fasilitas yang ramah dan menunjang para penyandang disabilitas secara efektif dengan menyederhanakan dan memperepat proses pengambilan keputusan dengan memecahkan persoalan tersebut dalam suatu susunan hirarki.Hasilnya adalah sebuah sistem informasi geografis yang dapat memudahkan penggunanya untuk menentukan dan  memutuskan lokasi atau pelayanan kesehatan masyarakat mana yang membutuhkan pembangunan pelayanan disabilitas agar ramah dan menunjang bagi para penyandang disabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Johan Wahyudi, STMIK Indonesia Banjarmasin

References

A.S, Rosa dan M. Shalahuddin. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung : Modula.
Asterina, Nisa, dkk. 2019. Kota Banjarmasin : Sebuah Profil Kota Ramah Disabilitas. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) : Jakarta.
Madcoms, 2016. Pemprograman PHP dan MySQL Untuk Pemula : Yogyakarta.
Ningrium Niken Ratna Wahyu. 2017. Aplikasi Metode AHP Berbasis Spasial Untuk Menentukan Lokasi Reklame di Surabaya. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya : Surabaya.
Nugroho, Adi. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML & Java. Yogyakarta : Andi Offset.
Patel, Jayraj. dkk. 2019. Geographic Information System (GIS) Web-Based Water Pipeline Data Visualization for Decision Support.
Prahasta, E. 2014. Sistem Informasi Geografis: Konsep-konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika). Edisi Revisi. Bandung : Informatika.
Saaty, T. L. (1990). Decision Making The Analytical Hierarchy Process. United States of America : McGraw-Hill.

Downloads

Published

2020-11-14

How to Cite

Wahyudi, J. (2020). Penentuan Titik Lokasi Baru Pelayanan Kesehatan Bagi Penyandang Disabilitas Di Kota Banjarmasin Menggunakan Metode AHP dan GIS. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(1), 60–69. https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i1.1757