Kajian Literatur Trend Penelitian Di Bidang Informatika Dan Komputer Untuk Dosen Dan Mahasiswa

Literature Study Of Research Trends In The Field Of Informatics And Computers For University Lecturers and Students

Authors

  • Ika Safitri Windiarti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i2.2299

Keywords:

penelitian, informatika, komputer, mahasiswa, dosen, literatur

Abstract

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi Informatika dan komputer penelitian di bidang Informatika dan komputer menjadi salah satu hal yang penting dan menarik untuk dibahas dan dikaji. Keilmuan teknologi Informatika dan komputer memiliki jangkauan yang luas dan juga cepat perkembangannya seiring dengan kemajuan teknologi. Mahasiswa tingkat akhir yang harus menulis skripsi seringkali dihadapkan pada permasalahan menemukan topik dan judul penelitian. Dosen dengan rumpun ilmu Teknik Informatika dan Ilmu Komputer juga seringkali menemukan kesulitan untuk menemukan topik penelitian yang spesifik di bidangnya. Penelitian ini ini bertujuan untuk memberikan kajian literatur yang berguna untuk dosen dan mahasiswa dalam mencari inspirasi judul dan topik pada skripsi atau tugas akhir perkuliahan mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  studi literatur, yaitu dari berbagai sumber pustaka akan dihimpun beberapa Apa tema atau topik penelitian di bidang Informatika dan komputer yang saat ini sedang menjadi tren. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa  untuk penelitian dosen dan mahasiswa di bidang Informatika dan komputer bisa disusun dengan mengambil topik-topik yang terkini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penelitian di bidang Informatika dan komputer senantiasa mengikuti perkembangan teknologi di bidang tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ika Safitri Windiarti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Maftukhin, M. A. (2016). Budaya Menulis Jurnal Ilmiah Bagi Dosen: Problem Dan Strategi Pengembangan. In: Lentera Kreasindo.
Maturidi, A. D. (2014). Metode Penelitian Teknik Informatika. Deepublish.
Nasution, M. K. (2017). Penelaahan Literatur. Teknik Penulisan Karya Ilmiah, 3.
Pratama, U. N., & Haryanto, H. (2017). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Tentang Domain Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 167-184.
Setiyawati, S. (2020). Peran Aksesibilitas Internet Dalam Memoderasi Niat Konsumen Berbelanja Daring Uns (Sebelas Maret University)].
Suprawoto, T. (2009). Analisis Tren Penelitian Tugas Akhir Mahasiswa Jenjang S1 Stmik Akakom. Proceeding Seminar Nasional Riset Teknologi Informasi-Sriti 2009,
Wahyudin, Y., & Rahayu, D. N. (2020). Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(3), 26-40.
Windiarti, I. S., Norcahyono, A. P., & Prabowo, A. (2020). Digital Literacy for the Millennial Generation in Industrial Revolution 4.0 Era in Islamic Norms Perspective. ICIC 2020: Proceedings of the 1st International Conference on Islamic Civilization, ICIC 2020, 27th August 2020, Semarang, Indonesia,
Windiarti, I. S., Prabowo, A., Qamaruzzaman, M., & Samani. (2018). Women in Informatics Engineering Career: Perspective from Hofstede Cultural Dimension and Dayak Tribe’s Cultural Values. 2018 IEEE International Conference on Industrial Engineering and Engineering Management (IEEM),
Maftukhin, M. A. (2016). BUDAYA MENULIS JURNAL ILMIAH BAGI DOSEN: Problem dan Strategi Pengembangan. In: Lentera Kreasindo.
Maturidi, A. D. (2014). Metode penelitian teknik informatika. Deepublish.
Nasution, M. K. (2017). Penelaahan literatur. Teknik Penulisan Karya Ilmiah, 3.
Pratama, U. N., & Haryanto, H. (2017). Pengembangan game edukasi berbasis android tentang domain teknologi pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 167-184.
Setiyawati, S. (2020). Peran aksesibilitas internet dalam memoderasi niat konsumen berbelanja daring UNS (Sebelas Maret University)].
Suprawoto, T. (2009). ANALISIS TREN PENELITIAN TUGAS AKHIR MAHASISWA JENJANG S1 STMIK AKAKOM. Proceeding Seminar Nasional Riset Teknologi Informasi-SRITI 2009,
Wahyudin, Y., & Rahayu, D. N. (2020). ANALISIS METODE PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEBSITE: A LITERATUR REVIEW. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, 15(3), 26-40.
Windiarti, I. S., Norcahyono, A. P., & Prabowo, A. (2020). Digital Literacy for the Millennial Generation in Industrial Revolution 4.0 Era in Islamic Norms Perspective. ICIC 2020: Proceedings of the 1st International Conference on Islamic Civilization, ICIC 2020, 27th August 2020, Semarang, Indonesia,
Windiarti, I. S., Prabowo, A., Qamaruzzaman, M., & Samani. (2018). Women in Informatics Engineering Career: Perspective from Hofstede Cultural Dimension and Dayak Tribe’s Cultural Values. 2018 IEEE International Conference on Industrial Engineering and Engineering Management (IEEM)

Downloads

Published

2021-05-23

How to Cite

Windiarti, I. S. (2021). Kajian Literatur Trend Penelitian Di Bidang Informatika Dan Komputer Untuk Dosen Dan Mahasiswa: Literature Study Of Research Trends In The Field Of Informatics And Computers For University Lecturers and Students. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(2), 114–118. https://doi.org/10.33084/jsakti.v3i2.2299

Most read articles by the same author(s)