Pengaruh Edukasi terhadap Pengetahuan Kebersihan Tangan Siswa Sekolah Dasar Komunitas Anak Asuh Rimbani

The Influence of Education on Rimbani Foster Community Students' Hand Sanitation Knowledge

Authors

  • Izza Suraya Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA
  • Yoli Farradika Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA
  • Rina Khairunnisa Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.33084/jsm.v2i2.362

Keywords:

kebersihan tangan, edukasi lagu, anak asuh

Abstract

Kebersihan tangan seringkali terabaikan oleh anak yang tinggal dalam sosial ekonomi kurang baik. Hal ini diakibatkan kuranganya pengetahuan mereka akan hal tersebut. Oleh karena itu, edukasi tentang kebersihan tangan perlu diberikan kepada anak komunitas Anak Asuh Rimbani. Untuk melihat pengaruh edukasi tersebut, maka studi ini perlu dilakukan. Studi ini merupakan penelitian dengan desain pre-post test experimental untuk mengetahui pengetahuan anak sebelum dan sesudah dilakukan edukasi. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelas 2-4 sekolah dasar yang terdaftar sebagai penerima bantuan belajar di komunitas Anak Asuh Remaja Islam Baitul Mughni. Dengan teknik sampling jenuh dan peserta yang datang sebagai kriteria inklusiya, maka diperoleh 41 orang anak sebagai sampel penelitian. Untuk melihat perbedaan rata-rata pengetahuan anak sebelum dan sesudah intervensi, dilakukan uji paired t-test. Hasil studi menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan peserta dari sebelum diberikan penyuluhan dan dilakukan praktek dengan setelah diberikan penyuluhan dan dilakukan praktek, dengan nilai p < 0,001. Rerata skor pre-test peserta adalah 2,93 (SD = 0,91) dan rerata skor post-test adalah 3,85 (SD = 1,04).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Izza Suraya, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA

Yoli Farradika, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA

Rina Khairunnisa, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA

References

A.K, Cicilia Presska, Trixie Salawati, dan Rahayu Astuti. 2012. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang Kecacingan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa Madrasah Ibtidaiyah An Nur Kelurahan Pedurungan Kidul Kota Semarang. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 7 (2), 184
JS, Slamet. 1996. Kesehatan Masyarakat dan Kesehatan Lingkungan, edisi ke-3. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Purba J. 2005. Pemeriksaan Telur Cacing Pada Kotoran Kuku Dan Higiene Siswa Sekolah Dasar Negeri Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan. Skripsi. USU.
Soekidjo Notoatmojo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta
Solehati, Tetti, Sri Susilawti, dan Cecep Eli Kosasih. 2015. Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan dan Skill Guru serta Personal Hygiene Siswa SD. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 11(1)
Wati, Nasriah, Nani Yuniar, dan Paridah. 2017. Pengaruh Intervensi Penayangan Video Terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa SDN 10 Kabawo Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. 2 (5).

Downloads

Published

2017-02-01

How to Cite

Suraya, I., Farradika, Y., & Khairunnisa, R. (2017). Pengaruh Edukasi terhadap Pengetahuan Kebersihan Tangan Siswa Sekolah Dasar Komunitas Anak Asuh Rimbani: The Influence of Education on Rimbani Foster Community Students’ Hand Sanitation Knowledge. Jurnal Surya Medika (JSM), 2(2), 76–79. https://doi.org/10.33084/jsm.v2i2.362

Most read articles by the same author(s)