Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Paket Pelebaran Jalan RTA Milono Palangkaraya

  • Anwar Muda Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: analisis, dampak lingkungan, pelebaran, jalan

Abstract

Setiap kegiatan pembangunan yang dilaksanakan pasti menimbulkan dampak terhadap lingkungan baik dampak positif maupun dampak negatif. Untuk itu perlu diperhatikan bagaimana melaksanakan pembangunan untuk mendapatkan hasil dan manfaat yang maksimum dengan dampak negatif terhadap lingkungan yang minimum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagian-bagian kajian AMDAL dan permasalahan AMDAL pada Paket Pelebaran Jalan RTA Milono Palangka Raya serta cara penanggulangannya. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa kegiatan yang dikaji dari aspek kelayakan lingkungan disebut berwawasan lingkungan. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan adanya Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan adalah salah satu instrumen yang sifatnya formal dan wajib bagi kegiatan-kegiatan yang kemungkinan akan menimbulkan dampak besar dari penting terhadap lingkungan hidup. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan untuk pencegahan terjadinya kebisingan, agar mengikuti aturan yang ada seperti peredam suara. Kemudian membuat aturan atau sanksi dalam menjalankan AMDAL sehingga diharapkan dapat meminimalisir dampak lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Anwar Muda, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Senior Lecturer of Civil Engineering Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Permen Lingkungan Hidup No. 05 Tahun 2012, Jenis Rencana Usaha dan/atau Kegiatan yang wajib memiliki Analisis Mengenai Dampak Lingkungan.
Shoba, A., 2006, Evaluasi Pelaksanaan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Pada Beberapa Industri di Kabupaten Tangerang, Tesis, Program Pascasarjana UNDIP, Semarang.
Tias, N. P., 2009, Efektivitas Pelaksanaan AMDAl dan UKP-UPL Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup di Kabupaten Kudus, Tesis, Program Pascasarjana, UNDIP, Semarang.
Published
2016-02-01
How to Cite
Muda, A. (2016). Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Paket Pelebaran Jalan RTA Milono Palangkaraya. Media Ilmiah Teknik Lingkungan (MITL), 1(1), 1-5. https://doi.org/10.33084/mitl.v1i1.133