Layanan Persampahan di Kota Surakarta dengan Pemetaan Barbasis Sistem Informasi Geografis

Keywords: Sistem Informasi Lingkungan (SIL), kuantitas, sampah, kontinyuitas, pelayanan

Abstract

Pemetaan Sistem Informasi Geografis untuk layanan persampahan di Kota Surakarta saat ini sudah menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan dibidang perencanaan maupun pengelolaan persampahan di kota Surakarta, mengingat masih banyaknya masyarakat Kota Surakarta yang belum mengetahui sistem informasi persampahan tersebut. Penelitian ini bertujuan Untuk memetakan kuantitas sampah, kualitas pelayanan persampahan dan mengetahui kontinuitas pelayanan persampahan di Kota Surakarta berbasis sistem informasi geografis. Penelitian dilakukan di kota Surakarta, yang mempunyai luas wilayah sebesar 44,04 Km². Data penelitian meliputi Peta RBI Kota Surakarta dari Badan Informasi Geospasial dan data persampahan dari Dinas Pertamanan dan kebersihan Kota Surakarta. Metode yang digunakan adalah metode observasi, pemetaan dan metode wawancara. Tahapan pengolahan data yaitu dengan memasukan data-data yang persampahan yang berasal dari instansi terkait ke dalam Software ArcView 3.3 untuk membuat peta layanan persampahan Kota Surakarta. Berdasarkan hasil analisis, kondisi timbulan sampah di Kota Surakarta pada tahun 2013 diprediksi sebesar 305,516 ton/hari. Persentase Pelayanan persampahan diperkirakan mencapai 86% dan akan mengalami peningkatan menjadi 92% pada tahun 2022. Untuk kontinuitas pelayanan persampahan diperlukan fasilitas seperti kontainer sampah. Pada tahun 2013 terdapat sebanyak 131 unit kontainer dan harus melakukan program Reduce, Reuse dan Recyle (3R) sebanyak 150,84 sampah/m3/hari, sehingga pada tahun 2022 sampah 3R sebesar 581.71 m3/hari. Dengan melakukan pemetaan untuk layanan persampahan, masyararakat dapat mengetahui kondisi persampahan yang ada dan diharapkan dapat menangani masalah persampahan yang ada di Kota Surakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rudy Yoga Lesmana, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Lecturer of Enviromental Engineering Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Bahar, Yul H., 1986, Teknologi Penanganan dan Pemanfaatan Sampah, PT. Wacana Utama Pramesti, Jakarta.
Prahasta, E., 2002, Konsep-konsep Dasar Sistem Informasi Geografis, Informatika, Bandung.
Ratih, Yulita S. 2011. Evaluasi Metode Pengelolaan sampah untuk umur layan Di TPA Putri Cempo. Jurnal Penelitian, volume 12 no.2 september 2011, hal. 41.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suletra, Wayan I. Liquiddanu, Eko. Pamungkas, Sigit Bagus, 2009, Optimasi Pengalokasian sampah wilayah ke tempat pembuangan sementara dengan model integer linear programming (Studi Kasus Kota Surakarta), Jurnal performa, vol.8, No.1: 14-22.
Tchobanoglous, George, Theisen, Hilary, Vigil, 1993, Integrated Solid Waste Management, Mc Graw-Hill, Singapura.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor.18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah
Published
2016-02-01
How to Cite
Lesmana, R. Y. (2016). Layanan Persampahan di Kota Surakarta dengan Pemetaan Barbasis Sistem Informasi Geografis. Media Ilmiah Teknik Lingkungan (MITL), 1(1), 11-21. https://doi.org/10.33084/mitl.v1i1.135