Analisis Pemilahan Persampahan Berskala Individual Rumah Tangga (Studi Kasus Kelurahan Panarung, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah)

Keywords: pengelolaan, sampah, pemilahan, redaman

Abstract

Saat ini timbulan sampah di Kelurahan Panarung tidak sebanding dengan jumlah TPS yang ada. Penelitian ini membahas tentang jalan keluar dari masalah itu dengan menerapkan sistem pemilahan sampah di rumah tangga. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang memaparkan hasil kuisioner menggunakan grafik. Pada penelitian ini sebagai langkah awal dilakukan penentuan lokasi sampel sebanyak 3 lokasi yang luas wilayahnya masing-masing sebesar 250.000 m2. Dari masing-masing lokasi diambil 1 RT yang menjadi target responden untuk penelitian ini. Kemudian jika memang lebih dari 50% responden menyetujui untuk memilah sampah dari rumah tangga, dibuatlah pola pengelolaan yang tepat untuk meredam sampah yang mereka produksi guna mengurang beban yang akan di terima oleh TPS-TPS terdekat. Kemudian dalam menghitung potensi redaman sampah menggunakan metode dari Standar Nasional Indonesia (SNI) yaitu SNI 19-3964-1995. Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat yang bermukim di Kelurahan Panarung menyetujui adanya peraturan wajib pilah sampah dari tangga. Pola pengelolaan yang cocok untuk wilayah tersebut adalah pola pengelolaan sampah berbasis Bank Sampah. Hal ini disebabkan masyarakat di Kelurahan Panarung kurang memliki waktu dalam mengelola sampahnya sendiri. Pengelolaan berbasis bank sampah tersebut memiliki potensi redaman sampah sebesar 66,684% dari jumlah total timbulan yang diproduksi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ibrahim Sanusi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Student of Civil Engineering Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Hendra Cahyadi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Senior Lecturer of Civil Engineering Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Rida Respati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Senior Lecturer of Civil Engineering Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Dinas BAPPEDA Kota Palangka Raya. 2012. “Palangka Raya Dalam Angka”, Palangkaraya.
Hadiwiyoto, S, 1983, Penanganan dan Pemanfaatan Sampah, Yayasan Idayu, Jakarta.
Kartikawan, Y., 2007, Pengelolaan Persampahan. Jurnal Lingkungan Hidup. Yogyakarta
Kodoatie, R., 2005, Manajemen dan Rekayasa Infrastruktur, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Rao,1996, Measuring Consumers Perceptions Through Factor Analysis. The Asian Manager
Published
2016-02-01
How to Cite
Sanusi, I., Cahyadi, H., & Respati, R. (2016). Analisis Pemilahan Persampahan Berskala Individual Rumah Tangga (Studi Kasus Kelurahan Panarung, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah). Media Ilmiah Teknik Lingkungan (MITL), 1(1), 42-44. https://doi.org/10.33084/mitl.v1i1.138

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>