Analisis K3 pada Sistem Pengangkutan Sampah Rumah Tangga di Jalan Garuda Kota Palangka Raya

Keywords: analisis K3, pengangkutan sampah

Abstract

Tingginya angka kecelakaan kerja di sektor ini karena kesadaran dari penyedia jasa, dan diri sendiri terhadap kecelakaan kerja masih rendah. Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di pada Sistem Pengangkutan Sampah Rumah Tangga di Jalan Garuda Kota Palangka Raya mencoba menjawab permasalahan apa saja yang telah dilakukan untuk mencegah kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan K3 pada Sistem Pengangkutan Sampah Rumah Tangga di Jalan Garuda Kota Palangka Raya ini berhasil dalam upaya pencegahan kecelakaan kerja. Pengumpulan data bersumber dari koran, jurnal ilmiah, Tesis dan peraturan-peraturan yang berhubungan dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Disamping itu, data juga diperoleh dari wawancara (interview) yang kompeten dan pengamatan (observation). Hasil identifikasi menunjukkan, bahwa penerapan K3 pada Sistem Pengangkutan Sampah Rumah Tangga di Jalan Garuda Kota Palangka Raya hanya berhasil dalam upaya pencegahan kecelakaan kerja dengan dukungan adanya rambu-rambu lalu lintas, dan alat pelindung diri seperti baju kerja, sarung tangan, septu kerja, dan masker. Sedangkan penerapan K3 yang belum di dukung tidak ada sosilisasi K3, kurangnya himbauan-himbauan K3 dan tidak ada petugas keamanan masih kurang berhasil. Namun secara keseluruhan, bahwa penerapan K3 di paket ini cukup berhasil dalam upaya pencegahan kecelakaan kerja. Untuk itu, disarankan agar melengkapi semua alat pelindung diri (baju kerja, sarung tangan, sepatu dan helm), melakukan sosilisasi K3, himbauan-himbauan K3 dan petugas keamanan. Kemudian, upayakan adanya komitmen bersama dalam menjalankan K3 dan membuat aturan atau sanksi dalam menjalankan K3 sehingga diharapkan dapat mencegah tidak ada kecelakaan kerja atau nol kecelakaan (zero accident).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rida Respati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Senior Lecturer of Civil Engineering Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

SNI 19-2454-2002. Tata Cara Teknik Operasional Pengelolaan Sampah Perkotaan Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.
Suparmi, A., 2009, Optimasi Pola Pengumpulan Dan Pengangkutan Sampah Kota Muara Teweh Melalui Pendekatan Zonasi. Semarang.
Joseph, C., 2011, Analisis sistem Pengangkutan Sampah Kota Makasar Dengan Metode penyelesaian Vehicle Routing Problem (VRP).
Damanhuri, E., 2010, Diktat Kuliah Teknik Lingkungan, ITB, Bandung.
Maharini, D., 2010, Upaya Dinas Kebersihan Dan Pertamanan dalam Pengelolaan Sampah di Kota Surabaya. Diunduh 6 Agustus 2014, 10:38 WIB.
Published
2016-08-01
How to Cite
Respati, R. (2016). Analisis K3 pada Sistem Pengangkutan Sampah Rumah Tangga di Jalan Garuda Kota Palangka Raya. Media Ilmiah Teknik Lingkungan (MITL), 1(2), 40-48. https://doi.org/10.33084/mitl.v1i2.145