Evaluasi Pengelolaan Sampah Dan Estimasi Umur Pakai Lahan Di TPA Km.13 Kota Muara Teweh Kabupaten Barito Utara

Authors

  • Rahmi Ainun Nadiah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Sari Marlina Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Rudy Yoga Lesmana Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/mitl.v6i2.2371

Keywords:

Evaluasi, Pengelolaan Sampah, TPA, Landfill, Estimasi.

Abstract

Kota Muara Teweh merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Barito Utara yang meliputi 4 (empat) Kelurahan, yaitu Kelurahan Melayu, Kelurahan Lanjas, Kelurahan Jambu dan Kelurahan Jingah, dengan luas wilayah keseluruhan 4487,6 Ha atau 5,4% dari luas wilayah Kabupaten Barito Utara dan penduduk yang terlayani hanya 85% dari 4 kecamatan yang ada di Kabupaten Barito Utara maka dari itu diperlukan untuk Evaluasi Pengelolaan Sampah dan juga Pertambahan penduduk yang disertai pembangunan yang berkelanjutan akan menyebabkan semakin tingginya volume timbunan sampah yang harus dikelola setiap harinya. Berdasarkan hasil Evaluasi Pengelolaan Persampahan di TPA Km.13 Kota Muara Teweh ialah terdiri dari bangunan pos jaga/kantor,parkiran kendaraan, jalan masuk TPA, garasi alat berat, tempat cuci kendaraan, jalan operasional, saluran drainase, pengolahan air lindi. Hal tersebut akan bertambah sulit karena keterbatasan lahan untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah. Dengan perkembangan yang cukup pesat, mulai dari infrastruktur sampai pertambahan jumlah penduduk. Perkembangan tersebut akan menyebabkan bertambahnya volume sampah yang harus diangkut oleh truk pengangkut sampah ke TPA KM 13.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rahmi Ainun Nadiah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Sari Marlina, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Rudy Yoga Lesmana, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

[1] Abd Hamid, K. B., Ishak, M. Y., & Abu Samah, M. A. (2015). Analysis of Municipal Solid WasteGeneration and Composition at Administrative Building Café in Universiti Putra Malaysia: A Case Study. Polish Journal of Environmental Studies, 24(5).
[2] Aziz Q.S., Aziz A.H., Yussof S.M., Bashir J.K.M. dan Umar M. 2010. Leachate Characterization In Semi-Aerobic and Anaerobic Sanitary Landfills : A comparative study. Journal of Environmental Management Vol. 91
[3] Chena Y.C., Chen K.S., Wu C.H. 2003. Numerical Simulation of Gas Flow Around a Passive Vent In a Sanitary Landfill. Journal of Hazardous Materials B100, 39–52.
[4] Damanhuri, E., Ismaria, R. dan Padmi, T. 2006. Pedoman Pengoperasian dan Pemeliharaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sistem Controlled Landfill dan Sanitary Landfill. Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Bandung.
[5] Hogland, W., Marques, M. dan Nimmermark, S., 1999. Landfill mining and waste characterization: a strategy for remediation of contaminated areas. Journal of Material Cycles Waste Management Vol. 6, pp. 119–124.
[6] Nasution, S.R., & A.R.I. Tjahjani. 2019. Analisis Laju Timbulan Sampah di Pulau Pramuka DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. 7(1): 16 - 26.

Downloads

Published

2021-09-27

How to Cite

Nadiah, R. A., Marlina, S., & Lesmana, R. Y. (2021). Evaluasi Pengelolaan Sampah Dan Estimasi Umur Pakai Lahan Di TPA Km.13 Kota Muara Teweh Kabupaten Barito Utara. Media Ilmiah Teknik Lingkungan (MITL), 6(2), 59–64. https://doi.org/10.33084/mitl.v6i2.2371

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2