Evaluasi Pencegahan Bencana Kebakaran Lahan dan Hutan di Kab. Katingan Tahun 2016

  • Kamaliah Kamaliah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Muhammad Azhari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Sari Marlina Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: bencana, kebakaran, lingkungan

Abstract

ABSTRAK. Bencana merupakan peristiwa yang tidak diinginkan yang sering terjadi baik karena kesengajaan manusia atau dari faktor lingkungan. Kejadian bencana perlu di evaluasi untuk mengetahui efektivitas dari pada bentuk kegiatan pencegahan bencana tersebut. Misalnya mengenai bencana kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten katingan pada Tahun 2016. Jenis penelitian yang digunakan peneliti merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan teknik pengumpulan data dengan observasi langsung serta kajian dokumen atau literatur. Dari hasil penelitian menjelaskan bahwa bentuk evaluasi pencegahan bencana kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten katingan di tahun 2016 diantaranya seperti adanya penyediaan sarana dan prasarana antisipasi penanggulangan kebakaran lahan, kebun dan hutan. Seperti pembuatan sumur bor, peningkatan kualitas sumberdaya manusia yaitu dengan cara membentuk masyarakat peduli api, sosialisasi mengenai dampak yang akan ditimbulkan dari bencana kebakaran lahan, kebuh, dan hutan. Memberikan peringatan dini serta membertegas hukum bagi pelaku pembakaran lahan, kebun, dan hutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Kamaliah Kamaliah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Muhammad Azhari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Sari Marlina, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Badan Nasional Penanggulangan Bencana.(2007). Undang-Undang Nomor 24Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Jakarta.
Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2007). Undang-Undang Nomor 27Tahun 2007 tentang Pencegahan Bencana. Jakarta.
Bruce Mitchell. B. Setiawan. Dwita Hadi Rahmi. (2007). PengelolaanSumberdaya dann Lingkungan. Gadjah Mada University Press.Yogyakarta.
Dantje T. Sembel.,Toksikologi Lingkungan. (2015). Universitas Samratulangi. Manado.
Dharmawan, U. 2003. Pengaruh Penggunaan Api dalam Penyiapan LahanTerhadap Emisi Gas Rumah Kaca : Studi Kasus Pada PenerapanTeknik Pembakaran
Dengan Sedikit Asap di Areal Gambut KabupatenPelalawan Riau. Tesis Program Studi Ilmu Lingkungan. Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia. Jakarta.
Published
2019-03-29
How to Cite
Kamaliah, K., Azhari, M., & Marlina, S. (2019). Evaluasi Pencegahan Bencana Kebakaran Lahan dan Hutan di Kab. Katingan Tahun 2016. Media Ilmiah Teknik Lingkungan (MITL), 3(1), 1-5. https://doi.org/10.33084/mitl.v3i1.637

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>