Pemanfaatan Air Lindi Sebagai Pupuk Cair Dari Sampah Organik Skala Rumah Tangga Dengan Penambahan Bioaktivator EM-4

Authors

  • Rudy Yoga Lesmana Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Nani Apriyani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/mitl.v4i1.649

Keywords:

Lindi, Pupuk Cair, Sampah Organik, Bioaktivator EM-4

Abstract

Timbulan sampah rumah tangga yang selama ini selalu kurang bermanfaat ekonomis jumlahnya semakin hari semakin meningkat, jika tidak dapt dikelola pada tingkat rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui limbah padat organic hasil kegiatan rumah tangga, dan juga memanfatkannya sebagai pupuk cair dengan penambahan bioaktivator EM-4, serta mengetahui kelayakan standar mutu pupuk cair hasil olahan limbah rumah tangga berdasarkan Permentan No. 70/Permentan/SR.140/10/2011. Berdasarkan hasil penelitian, sampel limbah cair yang dihasilkan dari air lindi berasal dari sampah seperti sayur, buah-buahan yang diproses melalui hasil proses fermentasi menggunakan Bioaktivator EM-4 dengan menggunakan alat berupa komposter. Sampah yang telah melalui proses fermentasi selama 3 bulan selanjutnya akan menghasilkan cairan berupa pupuk cair organik. Pupuk cair organik yang dihasilkan selanjutnya dilakukan pengujian sampel di laboratorium. Analisis data dilakukan dengan membandingkan parameter hasil pengujian dengan Permentan No.70/Permentan/SR.140/10/2011 tentang kriteria standar mutu pupukcair hasil olahan limbah rumah tangga. Hasil analisis datamenunjukkan bahwa pupuk organik cair yang dihasilkan sudah sesuai dengan kriteria standar mutu minimal pupuk cair organik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rudy Yoga Lesmana, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Nani Apriyani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Evelin Novitasari(1) , Edelbertha Dalores Da Cunha(2), Candra Dwiratna Wulandari, 2016, Pemanfaatan Lindi sebagai Bahan EM4 dalam Proses Pengomposan. Temu Ilmiah, IPLBI.
Firman, M., 2014, Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga Organik Sebagai Pupuk Organik Cair Bagi Petani Di Desa Pampang, Kelurahan Sungai Siring Kecamatan Samarinda Utara, Karya Tulis Ilmiah, Prodi Manajemen Lingkungan, Jurusan Manajemen Pertanian, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda.
Jalaluddin, Z., Nasrul, S., Rizki., 2016, Pengolahan Sampah Organik Buah- Buahan Menjadi Pupuk Dengan Menggunakan Effektive Mikroorganisme, Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 5(1), 17-29.
Kurniati, E., Aji, Angga Dheta Shirajjudin., Imani, Esta S., 2017, Pengaruh Penambahan Bioenzim dan Daun Lamtoro (L. Leucocephala) terhadap Kandungan Unsur Hara Makro (C,N,P Dan K) pada Pupuk Organik Cair (POC) Lindi. Jurnal Sumberdaya Alam dan Lingkungan, 4(1).

Downloads

Published

2019-03-30

How to Cite

Lesmana, R. Y., & Apriyani, N. (2019). Pemanfaatan Air Lindi Sebagai Pupuk Cair Dari Sampah Organik Skala Rumah Tangga Dengan Penambahan Bioaktivator EM-4. Media Ilmiah Teknik Lingkungan (MITL), 4(1), 16–23. https://doi.org/10.33084/mitl.v4i1.649

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>